Minggu, 16 Desember 2018 | 01:39:36 WIB

Babinsa Ramil 1508-03 Kao Bantu Petani Bajak Sawah dengan Traktor

Rabu, 19 September 2018 | 14:57 WIB
Babinsa Ramil 1508-03 Kao Bantu Petani Bajak Sawah dengan Traktor

(FOTO: KODIM TOBELO/LINDO)

HALUT, LINDO - Membajak sawah adalah suatu kegiatan yang dilakukan petani untuk menggemburkan lahan pertanian sebelum masa tanam, seperti yang telah dilakukan Babinsa Koramil 1508-03/Kao Serda Joko Saputra, dengan cekatannya turun kesawah guna membantu petani membajak sawah bersama kelompok Tani Desa Beringin Agung, Kecamatan Kao Barat, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, Rabu (19/9).

Danramil 1508-03/Kao Kapten Inf Abd. Malik Fudji mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk tugas TNI AD khususnya Babinsa Koramil 1508-03/Kao bersama-sama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) melaksanakan pendampingan dan penyuluhan para petani dalam bercocok tanam untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah, sehingga tercipta swasembada pangan yang mencukupi.

"Guna mendukung program ketahanan pangan nasional pada percepatan masa tanam tahun 2018 dan LTT (luas tambah tanam), selain mendampingi Gapoktan para Babinsa harus turun langsung membantu petani mulai dari pembajakan atau penyiapan lahan yang akan ditanami, pembibitan sampai dengan nanti saat panen," ungkapnya.

Sementara Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Kav Tri Sugiarto saat di konfirmasi mengatakan, bahwa kegiatan itu adalah untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan program ketahanan pangan dan swasembada pangan.

"Pengolahan menggunakan traktor adalah cara baru pengolahan lahan, yang sangat membantu petani menyuburkan tanah yang akan ditanami. Dengan terjunnya Babinsa membantu petani, diharapkan terjalin kedekatan dan kemanunggalan TNI-rakyat,” kata Dandim. (WYU-1508)

 

Berita Terkait