Minggu, 16 Desember 2018 | 10:48:55 WIB

Malam Ini, Undian Nomor Urut Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden

Jum'at, 21 September 2018 | 15:40 WIB
Malam Ini, Undian Nomor Urut Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden

Ilustrasi - Polisi bersiaga di depan Gedung KPU Pusat, Jakarta, Jumat (19/9). Foto diabadikan saat rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu Legislatif 2014 hari terakhir, yang diperkirakan selesai hingga malam hari. (FOTO: ANTARA / LINDO)

JAKARTA, LINDO - KPU Pusat akan menyelenggarakan proses pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan mengikuti Pemilu 2019, Jumat malam hari ini, 21 September 2018.

"Pengundian nomor urut Jumat pukul 20.00 WIB," ujar Ketua KPU Pusat, Arief Budiman, di Jakarta.

Proses pengundian nomor urut ini diawali dengan pengambilan nomor gilir. Pasangan yang mendapatkan nomor gilir lebih kecil, maka diberikan kesempatan mengambil nomor urut lebih dulu.

Namun untuk membuka nomor urut itu akan dilakukan kedua pasangan kandidat secara bersamaan.

Kamis lalu (20/9), KPU Pusat telah menetapkan dua pasangan calon presiden-wakil presiden peserta Pemilu 2019, yakni pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dari informasi yang diterima wartawan, pasangan Jokowi-Ma'ruf bersama pimpinan partai pengusung dan pendukung akan berkumpul lebih dulu di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, sebelum bertolak bersama-sama ke KPU Pusat.

Sementara Prabowo-Sandiaga bersama pimpinan partai koalisi akan bertolak dari kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Pusat, menuju KPU Pusat, sedangkan para relawannya berkumpul lebih dulu di Mesjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, sebelum menuju KPU Pusat.

Ini denah lalu-lintas di sekitar Kantor KPU Pusat nanti malam

Petugas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa arus lalu-lintas saat pelaksanaan tahapan pengundian nomor urut calon presiden-wakil presiden, di sekitar Kantor KPU Pusat, di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat malam nanti.

"Petugas menyiapkan pengalihan arus kendaraan di Jalan Imam Bonjol," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono, di Jakarta, Jumat.

Kedua pasangan kontestan Pemilu 2019 akan mengikuti pengambilan nomor urut di Kantor KPU Pusat, mulai pukul 20.00 WIB Jumat (21/9).

Yuwono menuturkan, kendaraan dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Jalan Imam Bonjol dialihkan ke Jalan H Agus Salim atau Jalan Pamekasan.

Kendaraan dari Jalan Cokroaminoto menuju Jalan Imam Bonjol atau Jalan Diponegoro diluruskan ke Jalan HR Rasuna Said, sedangkan pengendara dari Jalan Rasuna Said menuju Jalan Imam Bonjol maupun Jalan Diponegoro diarahkan ke Jalan Cokroaminoto.

Kendaraan dari Jalan Diponegoro ke arah Jalan Imam Bonjol diarahkan ke Jalan Madiun-Jalan Cimahi-Jalan Kusuma Atmadja-Jalan Teuku Umar, dan seterusnya.

Selain itu, polisi juga mengalihkan arus kendaraan di sekitar Tugu Proklamasi yang akan menjadi titik kumpul pendukung Joko Widodo-KH Maaruf Amin.

Pengalihan arus itu antara lain kendaraan dari Jalan Pramuka menuju Jalan Proklamasi di perempatan lampu merah Jalan Tambak diarahkan ke Jalan Manggarai dan Jalan Matraman Dalam.

Kendaraan dari Jalan Diponegoro menuju Jalan Proklamasi diluruskan ke Jalan Salemba Raya dan arus lalu-lintas dari Jalan Cikini Raya menuju Jalan Proklamasi diarahkan ke Jalan Salemba Raya. (ANT)

 

Berita Terkait