Rabu, 24 Oktober 2018 | 12:36:10 WIB

Jalan Singajaya-Peundeuy di Garut Tertutup Longsoran Tanah

Jum'at, 21 September 2018 | 17:03 WIB
Jalan Singajaya-Peundeuy di Garut Tertutup Longsoran Tanah

Kerusakan hulu Sungai menjadi penyebab banjir yang memutus akses jalan dari Jawa Barat ke Jawa Tengah. (FOTO: REPUBLIKA/LINDO)

GARUT, LINDO - Jalan yang menghubungkan Kecamatan Singajaya dengan Kecamatan Peundeuy di Kabupaten Garut tertutup longsoran tanah sehingga tidak bisa dilewati kendaraan bermotor pada Jumat (21/9).

Komandan Koramil Singajaya Kapten Iyus Rustandi mengatakan warga Peundeuy yang berkendara menuju Singajaya dan sebaliknya harus memutar arah dan menempuh jarak yang lebih jauh karena jalan penghubung kedua kecamatan tidak bisa dilalui.

"Kejadiannya diperkirakan tadi dini hari, menyebabkan jalan tertutup longsor," katanya.

"Longsoran itu berasal dari tanah labil yang berada di sekitar lokasi kejadian," tambah dia.

Hujan yang mengguyur wilayah selatan Garut pada Kamis (20/9), menurut dia, memicu pergerakan tanah yang menimbulkan tanah longsor di Kampung Cijeruk, Desa/Kecamatan Singajaya.

Ia mengatakan aparat pemerintah bersama warga setempat masih berupaya menyingkirkan longsoran tanah dari jalan, dan permintaan bantuan sudah disampaikan ke Dinas Pekerjaan Umum untuk mendatangkan alat berat guna mempercepat pembersihan longsoran tanah.

"Kalau tidak segara dibersihkan kasihan aktivitas warga terganggu," katanya.

Saat ini hujan sudah turun di sebagian daerah selatan Kabupaten Garut, sementara kawasan perkotaannya dalam beberapa hari ini mendung dan sesekali gerimis. (ANT)

 

Berita Terkait