Sabtu, 15 Desember 2018 | 21:02:58 WIB

Optimalisasi Kedua Lembaga, TNI dan Kemendagri Jalin Kerja Sama

Senin, 24 September 2018 | 14:55 WIB
Optimalisasi Kedua Lembaga, TNI dan Kemendagri Jalin Kerja Sama

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Mendagri Tjahjo Kumolo melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) di Jakarta, Senin (24/9). (FOTO: PUSPEN TNI/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Mendagri Tjahjo Kumolo, pada Senin (24/9) melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama  dalam rangka Optimalisasi Sumber Daya di lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Penandatanganan Nota Kesepahaman oleh kedua lembaga itu dilakukan di ruang Hening Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (24/9).

Nota Kesepahaman ini bertujuan untuk mengoptimalkan sumber daya di lingkup Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia (TNI), sehingga tugas dan fungsi masing-masing dapat terselenggara dengan baik.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo atas pelaksanaan MoU antara Kemendagri dan TNI. “Kami siap mendukung pelaksanaan tata kelola pemerintahan dari pusat sampai daerah,” ujarnya.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan bahwa wilayah Indonesia merupakan wilayah yang sangat luas tentunya memiliki kandungan sumber daya alam yang begitu kaya. Tentunya itu adalah tanggung jawab bangsa Indonesia untuk menjaganya dan tata kelola pemerintahan pusat dan daerah sangat diperlukan.

“TNI siap untuk mendukung dalam menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Menteri Dalam Negeri  RI Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa MoU ini sangat penting karena sesuai dengan arahan Presiden RI Ir Joko Widodo, yaitu pembangunan hubungan tata kelola pemerintah pusat dan daerah harus semakin efektif dan efesien dalam upaya mempercepat reformasi birokrasi yang intinya untuk memperkuat otonomi daerah.

Turut hadir pada acara tersebut diantaranya, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., Kasum TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman, Wakasau Marsdya TNI Wieko Sofyan, Irjen TNI Letjen TNI M. Herindra, M.A., M.Sc., Danjen Akademi TNI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., para Asisten Panglima TNI, Kapuspen TNI Mayjen TNI Santos G. Matondang, M.Tr (Han), Plt. Sekretaris BNPP Dr. Widodo Sigit Pujianto, S.H., M.H. dan Ditjen Polpum Kemendagri Soedarmo. (PUSPEN TNI)

 

Berita Terkait