Minggu, 22 September 2019 | 16:02:32 WIB

Obor Asian Para Games Lintasi Jembatan Emas Pangkalpinang

Rabu, 26 September 2018 | 08:30 WIB
Obor Asian Para Games Lintasi Jembatan Emas Pangkalpinang

Ilustrasi - Api Obor Asian Para Games 2018 diarak di Kota Ternate, Maluku Utara. (FOTO: DETIK/LINDO)

PANGKALPINANG, LINDO - Obor Asian Para Games (APG) 2018  melintasi Kota Pangkalpinang, tepatnya dimulai dari jembatan emas yang menjadi salah satu ikon pariwisata Babel hingga Alun Alun Taman Merdeka yang menjadi salah satu pusat rekreasi masyarakat di daerah itu.

"Kita mengajak masyarakat untuk menyaksikan pawai obor ini, sebagai wujud memeriahkan dan menyukseskan Asian Para Games 2018," kata Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Pemuda, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Babel, Ferdiyan Loebis, di Pangkalpinang, Rabu (26/9).

Ia mengatakan, hari ini obor Asian Para Games akan tiba di jembatan emas sekitar pukul 7.00 pagi, dan akan dilakukan serah terima obor dari Asian Para Games Organizing Commitee (Inapgoc) yang menunggu di seberang jembatan. Saat jembatan tertutup, obor diserahkan kepada Gubernur Babel Erzaldi Rosman dan akan dilakukan serangkaian upacara serah terima di atas jembatan emas.

Tepat pukul 7.45 Wib, obor Asian Para Games akan diarak dari jembatan emas menuju kelenteng di perempatan lampu merah Semabung dengan kendaraan hias, yang selanjutnya dibawa secara estafet menuju Alun-alun Taman Merdeka (ATM) Kota Pangkalpinang.

Obor dari Medan ini langsung dibawa oleh Ketum Inapgoc, Raja Sapta Oktohari, diserahkan kepada Gubernur Babel. Selanjutnya obor dibawa gubernur dengan parade kendaraan dari jembatan menuju titik pos kedua, yakni kelenteng di perempatan lampu merah semabung, melewati jalan Alexander, dan ke arah Semabung.

Di pos kedua, obor yang dibawa gubernur akan diserahkan kepada  juara dua ASEAN  Para Games  di Kuala Lumpur, juara tiga di Peparnas 2012 Riau (cabang  angkat berat dan tennis meja, atletik), Ketua NPC Babel, Andi takdir, yang selanjutnya akan dibawa berjalan menuju ke alun-alun.

Secara bergantian sebelum tiba di alun-alun obor akan dibawa oleh orang-orang berbeda, dari Pangdam II Sriwijaya, selanjutnya Kapolda Babel, Kepala Kejaksaan Tinggi Babel, Wakil Gubernur Babel dan atlet peraih 2 emas dan 1 perak di Peparnas 2016, Duta obor, Asisten Deputi Keolahragaan, Kementerian Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Anggota komisi X DPR RI, atlet peraih tiga  emas APG 2011, Kepala Kejaksaan Agung RI  dan Walikota Pangkalpinang.

"Pawai obor Asian Para Games akan diiringi barongsai, pembawa bendera, parade mobil Jeep, MW dan kendaraan hias lainnya yang akan mengawal obor hingga ke pos kedua. Estafet ini menempuh perjalanan sekitar 2-3 Km, menuju alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang," ujarnya.

Sore hari, obor akan diserahkan kembali kepada Inapgoc, yang selanjutnya akan membawa obor menuju Jakarta, untuk gelaran pembukaan Asian Para Games pada 6 Oktober 2018.

"Ini suatu kebanggaan bagi kita bisa dilewati obor Asian Para Games, bahkan ini yang pertama dan diharapkan semua masyarakat bisa hadir, menyaksikan perjalanan obor ini," ujarnya. (ANTARA)

 

Berita Terkait