Rabu, 24 Oktober 2018 | 12:34:19 WIB

Kasad : Olah Raga Tumbuhkan Kebanggaan Dan Persatuan Semangat Kebangsaan

Selasa, 2 Oktober 2018 | 20:55 WIB
Kasad : Olah Raga Tumbuhkan Kebanggaan Dan Persatuan Semangat Kebangsaan

(FOTO : DISPENAD/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Olahraga memiliki kemampuan untuk mengubah dunia, tidak hanya untuk menginspirasi antar individu namun juga dapat mempersatukan mereka dalam satu semangat nasionalisme. Masih melekat di ingatan kita, semangat Asian Games yang baru lalu, mampu menyambung kembali sekat-sekat kebangsaan berupa rasa primordialisme maupun sentimen SARA yang cukup menyita energi bangsa.  

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono saat menerima laporan kontingen Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) yang selesai berlaga dan berhasil keluar sebagai juara umum pada ajang Piala Panglima TNI ke  XIV Tahun 2018, di Aula Serba Guna Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Selasa (2/10).

Selain menerima para atlet yang berlaga pada Piala Panglima TNI XIV tahun 2018, Kasad juga menerima para atlet yang berlaga pada Kejurnas Karate Piala Panglima TNI ke VI yang juga digelar di Mabes TNI CIlangkap. Dalam kejuaraan Piala Panglima TNI ke-XIV ini, kontingen TNI AD kembali mampu mempertahankan gelar juara umum di kedua event terhormat. 

Pada cabang olahraga sepak bola, bola voli dan tenis lapangan, kontingen  TNI AD berhasil menyabet juara umum dan memboyong piala tetap dan piala bergilir dengan raihan delapan medali emas, satu medali  perak dan satu medali  perunggu.

Sedangkan pada cabang olag raga Karate yang sekaligus sebagai ajang Kejurnas Karate Piala Panglima TNI ke VI, atlet-atlet karate TNI AD menorehkan prestasi yang sangat gemilang yaitu meraih 20 medali emas, 12 medali perak dan lima medali perunggu. 

Kasad Jenderal TNI Mulyono mengatakan, pencapaian prestasi ini tentunya menjadi kebanggaan bersama, tidak hanya dari hasilnya semata namun juga menunjukkan bahwa proses pembinaan para atlet  di lingkungan TNI AD telah berjalan dengan baik dan benar. 

“Kita semua memahami bahwa keberhasilan yang kita raih bersama itu tidak dapat dicapai secara mudah maupun instan, apalagi untuk dapat mempertahankan prestasi juara umum yang telah diraih sebelumnya,“ ujar Jenderal TNI Mulyono. 

Menurutnya, hasil ini tentu saja membutuhkan proses yang panjang, mulai dari perencanaan yang matang, persiapan yang optimal, serta pelaksanaan yang penuh dengan motivasi, semangat juang dan dedikasi yang tinggi. 

“Seperti diungkapkan, hasil tidak akan mengkhianati usaha, demikian pula segenap upaya pemusatan latihan secara serius dilandasi disiplin yang tinggi dari tiap anggota kontingen, akhirnya dapat membuahkan hasil yang diharapkan,” kata Jendral TNI Mulyono. 

Pertandingan Piala Panglima TNI ini lanjutnya, tidak hanya memberikan suatu kesempatan untuk mengukur capaian dan hal-hal positif yang telah berhasil dilaksanakan, namun juga sebagai evaluasi atas hal-hal lain yang masih perlu untuk ditingkatkan. 

“Untuk itu, kepada para Komandan Kontingen, Ketua Cabang Olahraga, beserta Pengurus dan Pelatih, saya mengingatkan untuk jangan terlalu lama larut dalam euforia kemenangan yang telah diraih,” ucap Jenderal TNI Mulyono.

Selain capaian prestasi tadi, Kasad juga berbangga  karena Kontingen TNI AD telah menunjukan jiwa sebagai kesatria sejati yang bertanding penuh sportivitas. 

“Ini menunjukan bahwa kalian memiliki komitmen dan kebulatan tekad untuk menjaga integritas diri sebagai kesatria sejati yang menjunjung tinggi sportivitas dan nilai kejujuran serta keluhuran budi. Termasuk juga menjadikan event olahraga ini sebagai forum untuk memperkuat hubungan persahabatan dan kekeluargaan guna menjaga dan membangun sinergitas dan soliditas intrenal TNI,” kata Kasad. 

Pada kesempatan tersebut, Kasad memberikan penghargaan dan dana pembinaan dari Angkatan Darat kepada atlet berpretasi tersebut. (ARMAN R)

 

Berita Terkait