Selasa, 23 Oktober 2018 | 06:27:52 WIB

Tambah Pengetahuan dan Keterampilan, Korcab V DJA Il Gelar Pelatihan Shibori

Kamis, 4 Oktober 2018 | 12:03 WIB
Tambah Pengetahuan dan Keterampilan, Korcab V DJA Il Gelar Pelatihan Shibori

Pengurus Korcab V, perwakilan Cabang 1, Cabang 2, Cabang 5 Korcab V, Kowal dan PNS putri Lantamal V, memamerkan hasil karya Shibori. (FOTO: LANTAMALV/LINDO)

SURABAYA, LINDO - Untuk menambah pengetahuan dan keterampilan,  Koordinator Cabang  V Daerah Jalasenastri Armada ll (Korcab V DJA ll) menggelar Pelatihan Shibori yang dilaksanakan di gedung pertemuan Kocab V DJA II Mako Lantamal V Surabaya Jl. Laksda M. Nasir no 56 Tanjung Perak, Surabaya, Rabu (3/10).

Menurut Ketua Korcab V DJA ll,  Ny. Wenny Edwin yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa ini merupakan salah satu program Korcab V untuk menambah pengetahuan dan keterampilan bagi istri prajurit yang berdinas di Lantamal V.

Kegiatan ini diikuti sedikitnya 30 orang yang berasal dari Pengurus Korcab V,  perwakilan Cabang 1, Cabang 2, Cabang 5 Korcab V,  Kowal dan PNS putri Lantamal V.

Menurut Wenny- sapaan akrab Istri Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edwin,  S. H ini- mengatakan bahwa Shibori merupakan kesenian dari Jepang, dimana sebuah pola pada kain diciptakan melalui proses pencelupan pada pewarna.

"Dasarnya pembuatan Shibori mirip seperti membatik, dimana beberapa bagian kain ‘dilindungi’ agar tidak terkena pewarna, sehingga hasil akhirnya memberikan pola sesuai dengan bagian yang diwarnai dan dilindungi," terangnya.

Pada pembuatan Shibori, ‘perlindungan’ pada kain dilakukan menggunakan teknik seperti melipat, melilit dan mengikat kain dan mencelupkannya pada pewarna.

Bahan yang digunakan untuk mengikat kain tersebut akan menahan pewarna, sehingga daerah kain di bawahnya tidak akan berubah warna.

"Dengan metode seperti ini, tidak ada batasan pola yang dapat diciptakan, menjadikan setiap kain Shibori unik dari yang lainnya," pungkasnya. (LANTAMALV)

 

Berita Terkait