Kamis, 18 Oktober 2018 | 16:49:37 WIB

Flag Relay Merah Putih HUT Ke-73 TNI Berakhir di Merauke

Jum'at, 5 Oktober 2018 | 12:12 WIB
Flag Relay Merah Putih HUT Ke-73 TNI Berakhir di Merauke

(FOTO: PUSPEN TNI/LINDO)

MERAUKE, LINDO - Setelah melalui perjalanan panjang, Pawai Bendera (Flag Relay) Merah Putih dengan menggunakan Pesawat Boeing 737 A-7304 tiba di Merauke. Dengan demikian, Flag Relay Merah Putih dari Sabang sampai Merauke yang dimulai sejak tanggal 28 September 2018 telah berakhir di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, Kamis (4/10).

Seperti diberitakan sebelumnya, Flag Relay Merah Putih terlebih dulu dikirab mengeliling beberapa kota di Indonesia, yakni Sabang-Banda Aceh, Pekanbaru-Riau, Palembang-Sumsel, Yogyakarta, Surabaya-Jatim, Balikpapan-Kaltim, Manado-Sulut, Makassar-Sulsel, Kupang-NTT, Ambon-Maluku, Sorong-Jayapura dan berakhir di Merauke-Papua.

Kedatangan Prajurit TNI pembawa Bendera Merah Putih di Bandara Mopah Merauke disambut Tarian Gatsi (tarian tradisional Merauke) dan diterima Danlanud Johannes Abraham Dimara Kolonel Pnb Awang Kurniawan, S.T., M.Si, dilanjutkan menuju Kantor Bupati Merauke dengan rute Bandara Mopah - Jl. RE Martadinata - Jl. Ahmad Yani dan Jl. Brawijaya.

Setibanya di Kantor Bupati, rombongan Flag Relay Merah Putih disambut dengan tari-tarian penyambutan, prosesi penyerahan Bendera Merah Putih kepada Danrem 174/ATW Brigjen TNI R. Agus Abdurrauf, untuk selanjutnya diserahkan kepada Bupati Merauke Frederikus Gebze.

Kemudian, rombongan Flag Relay Merah Putih diarak dengan berkendaraan bermotor menuju Gedung Negara, dengan melintasi Kantor Bupati - Jl. Brawijaya - Jl. Parako dan Jl. Mandala. Kedatangannya di sambut langsung oleh Bupati Merauke Frederikus Gebze dan Danrem 174/ATW Brigjen TNI R. Agus Abdurrauf.

Selanjutnya Bendera Merah Putih beserta Pataka TNI disimpan di Gedung Negara, Kabupaten Merauke untuk dikibarkan pada upacara peringatan HUT ke-73 TNI tahun 2018 di Merauke, Provinsi Papua, tanggal 5 Oktober 2018.

Para pembawa Kirab Bendera Merah Putih yang berprestasi di Asian Games XVIII, yaitu Pratu Mar Ardianto (atlet Rowing peraih medali emas), Serda (K) Huswatun Hasanah (atlet Tinju Kelas Ringan 60 kg putri peraih medali perak dan perunggu), Serda (K) Dini Mitasari (atlet Sepak Takraw peraih medali perunggu), Serda Jas Rio Akbar (atlet Dragon Boat 1.000 meter dan 500 meter peraih medali perak) dan Serda Bah/W Ririn Pujiastuti (atlet Dragon Boat 200 meter peraih medali perak) bersama sejumlah prajurit TNI perwakilan tiga matra pembawa Pataka.

Pelaksanaan Flag Relay Merah Putih bertujuan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme dan menunjukkan bahwa antara TNI dan Rakyat tidak ada pemisah karena TNI berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. (PUSPEN TNI)

 

Berita Terkait