Kamis, 18 Oktober 2018 | 16:51:01 WIB

Bakamla RI Tertibkan Penggunaan Aplikasi Smart DJA

Kamis, 11 Oktober 2018 | 18:05 WIB
Bakamla RI Tertibkan Penggunaan Aplikasi Smart DJA

Kepala Biro Perencanaan Bakamla RI Laksma TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si. membuka Rapat Konsiyering Verifikasi Laporan Triwulan III pada Aplikasi Smart DJA serta Pembahasan Monitoring dan Evaluasi Program dan Kegiatan Kantor Zona, Ground Station (GS), Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL), dan Pangkalan Kapal PatroliTahun 2018 di Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (11/10/2018).

 

Dalam sambutannya, Ka Biro Ren mengatakan tujuan diadakannya rapat ini untuk meningkatkan kinerja Bakamla RI sesuai tugas dan fungsinya. Selain itu, diharapkan pula dapat meningkatkan realisasi anggaran dan optimalisasi program dan kegiatan di Kantor Zona, GS, SPKKL, dan Pangkalan Kapal Patroli di tahun berikutnya.

 

"Merujuk kepada Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 214 Tahun 2017, Biro Perencanaan dan Organisasi Bakamla RI bersama dengan Direktorat Sistem Penganggaran, Kementerian Keuangan, telah melakukan pengukuran dan evaluasi kinerja atas pelaksanaan rencana kerja dan anggaran Bakamla 2018 melalui aplikasi Smart DJA," jelas Ka Biro Ren.

 

"Adapun indikator proses pengukuran dan evaluasinya terdiri dari sembilan tahapan, yaitu (1) Target Indikator Keluaran program, (2) Target Indikator Keluaran Kegiatan, (3) Pagi Anggaran, (4) Rencana Penarikan Anggaran, (5) Realisasi Indikator Keluaran Program, (6) Realisasi Indikator Keluaran Kegiatan, (7) Realisasi Anggaran, (8) Kendala dan Faktor Pendukung yang Dihadapi dalam Pencapaian Target Indikator Keluaran Program, (9) Kendala dan Faktor Pendukung yang Dihadapi dalam Pencapaian Target Indikator Keluaran Kegiatan", ungkap Pati berbintang satu tersebut.

 

Kegiatan ini turut mengundang Kasi Evaluasi Kinerja Anggaran III, Direktorat Sistem Penganggaran, Kementerian Keuangan Winarso Eko, sebagai narasumber. Dalam kesempatan ini, Winarso menyampaikan materi tentang Aplikasi Smart. Tidak ketinggalan, Analis Kinerja Penganggaran III Junior Reni Novianti juga turut dihadirkan sebagai narasumber. Reni menyampaikan materi Rekonsiliasi Smart terhadap Capaian Program dan Kegiatan Bakamla Tahun 2018.

 

Selain kegiatan pengukuran dan evaluasi melalui Aplikasi Smart, rapat dilanjutkan dengan pembahasan pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Program dan Kegiatan Kantor Zona, GS, SPKKL, dan Pangkalan Kapal Patroli Bakamla RI. Hal ini ditujukan untuk menghimpun hasil monitoring dan evaluasi secara keseluruhan yang dapat digunakan dalam penyusunan rekomendasi untuk penyempurnaan dan perbaikan kebijakan program dan kegiatan kantor-kantor Bakamla RI.

 

Jajaran Pejabat Bakamla RI turut hadir dalam rapat ini, seperti Direktur Latihan Brigjen TNI Suwarno, S.IP., S.E.; Kabag Evaluasi dan Manajemen Kinerja Kolonel Laut Adhik Indaryono,S.E.; Kabag Pendayagunaan dan Penatausahaan BMN Drs. Rachmat Iman S.BE., M.Si.; Kabag Keuangan Kolonel Laut (S) Anton Herspic, BAC.; Kasubbag Verifikasi Mayor Laut (S) Sony Adjie Wibowo, S.T.; Kasubbag Monitoring dan Evaluasi  Bobby Maria Sembiring, S.E.; Kasubbag Pelaporan Yelvi Azwita, S.E., M.M.; Kasubbag Manajemen Kinerja Nursakti Asia, S.Sos., MAP.; Kasi Pemeliharaan Jaringan Y.M. Vianney Niko D.S., S.T.; Kasubbag Pendayagunaan BMN Yusnita Budi Pramesti, S.E., M.Pd.; dan Kasubbag Perencanaan dan Pengembangan Kepegawaian Bagus Darmadi, S.E.

Berita Terkait