Rabu, 21 November 2018 | 05:13:42 WIB

Kapuskes TNI Buka Pelatihan Biosecurity dan Biosafety 2018

Senin, 22 Oktober 2018 | 15:57 WIB
Kapuskes TNI Buka Pelatihan Biosecurity dan Biosafety 2018

Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI dr. Ben Yura Rimba, MARS membuka secara resmi Pelatihan Biosecurity dan Biosafety 2018 yang diikuti oleh 25 Perwira Menengah dan berlangsung selama dua hari dari tanggal 22 s.d. 23 Oktober 2018, di  hotel Borobudur, Jakarta, Senin (22/10/2018).

Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Ben Yura Rimba, MARS menyampaikan bahwa pelatihan Biosecurity dan Biosafety 2018  menjadi ajang latihan yang strategis dan efisien dalam berbagi pengetahuan, sikap dan perilaku para petugas kesehatan khususnya difasilitas kesehatan TNI terhadap pencegahan bahaya kontaminasi dan infeksi, serta mencegah terjadinya bahaya kebocoran sumber infeksi patogen.

Lebih lanjut Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Ben Yura Rimba, MARS mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan kelanjutan dari kerjasama antara Indonesia dan Amerika Serikat dibidang kesehatan militer, dan merupakan perwujudan dari Global  Health Security Agenda (GHSA) yang dicanangkan tahun 2014. TNI sangat mendukung  kegiatan GHSA ini sehingga dalam visi dan misi, TNI senantiasa ikut serta dalam “protect, detect, and respond” Kejadian Luar Biasa (KLB) yang ada di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Mayjen TNI dr. Ben Yura Rimba, MARS juga menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya atas kehadiran Atase Pertahanan (ATHAN) Amerika untuk Indonesia Kolonel Michael D. Spake, dan para instruktur yang berasal dari Amerika Serikat dan Indonesia. Pelatihan Biosecurity dan Biosafety 2018  juga bertujuan untuk menguatkan kerjasama dan persahabatan kedua negara dan kedua Angkatan Bersenjata khususnya.

Sementara itu Country manager Indonesia Engagement Cooperative Biological Engagement Program Defense Threat Reduction Agency Departement Pertahanan Amerika Serikat Mr. Jhon Schaefer menyampaikan dalam rangka kerjasama antara Indonesia dan Amerika Serikat dalam kerangka United States Indonesia Bilateral Defense Dialog (USIBDD) merupakan suatu bagian kolaborasi yang memiliki kepentingan bersama dalam rangka untuk meningkatkan keamanan keselamatan kesehatan secara global.

Selanjutnya Mr. Jhon Schaefer mengatakan bahwa  pelatihan Biosecurity dan Biosafety 2018 menghadirkan ahli-ahli profesional dari medis dan juga laboratorium yang memiliki suatu pemahaman dan pandangan internasional dalam hal keamanan dan prinsip-prinsip keselamatan biologis.

Berita Terkait