Selasa, 20 November 2018 | 23:07:19 WIB

Kasad Dampingi Panglima TNI Tinjau Baksos TNI Di Lombok Utara

Sabtu, 3 November 2018 | 16:52 WIB
Kasad Dampingi Panglima TNI Tinjau Baksos TNI Di Lombok Utara

(FOTO : DISPENAD/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono mendampingi Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menghadiri Bakti Sosial (Baksos) dan Bakti Kesehatan (Bakses), di lapangan Supersemar, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (3/11).

 

Baksos dan Bakses sudah dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut sejak 1 November lalu ini, meliputi kegiatan pelayanan kesehatan, penyuluhan dan Karya Bakti (Bakti).

 

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Hariyanto mengatakan, bentuk  pelayanan kesehatan yang diberikan, meliputi pelayanan umum dan sepesialis, laboratorium, khitan dan bedah.

 

"Di samping itu, ada pelayanan gigi, operasi katarak, operasi bibir sumbing, pelayanan Keluarga Berencana (KB), vaksinasi, pemberian bantuan kursi roda, alat bantu dengar, kacamata baca, kaki palsu dan skrining stunting," terang Kolonel Kav Jonny Hariyanto. 

 

Dalam kegiatan penyuluhan lanjutnya, dibahas perilaku hidup bersih dan sehat, bahaya nikah dini, bahaya narkoba, bahaya Ca Cervix, werving Prajurit TNI, kesehatan gigi dan trauma healing.

 

"Sedangkan kegiatan Karbak, berupa renovasi, pembangunan Paud Kartika Jaya, pemberian perlengkapan sekolah dan pemberian sembako.  Kegiatan karya bhakti yang dilaksanakan berupa renovasi, pembangunan Paud Kartika Jaya, pemberian perlengkapan sekolah dan pemberian sembako," ujarnya.

 

Baksos dan Bakses ini tambahnya, diselenggarakan untuk mendukung kegiatan lomba lari TNI International Marathon (TIM) 2018 yang akan dihelat besok, Minggu Pagi (4/11), sekaligus wujud semangat kebangkitan Lombok pasca digoyang gempa. "Kita sangat bersyukur atas selesai dan berhasilnya kegiatan ini," pungkasnya. 

 

Kegiatan ini berhasil melayani dan membantu 6.540 orang, meliputi penangangan rawat jalan, rawat inap, operasi dan trauma healing.

 

Dalam kunjungan ini hadir pula Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P dan para pejabat teras Mabes TNI dan Mabesad.

 

Disamping itu hadir juga Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ibu Sita Mulyono, Ibu Riza Benny Susianto dan Ibu-ibu para pejabat lainnya. (ARMAN R)

Berita Terkait