Senin, 17 Desember 2018 | 19:29:47 WIB

Residivis Pencurian Diringkus Polisi

Sabtu, 10 November 2018 | 13:46 WIB
Residivis Pencurian Diringkus Polisi

Tersangka RH, residivis kasus pencurian, di Lumpuhkan Polisi, mencoba melarikan diri saat di tangkap. (FOTO: ALAM/LINDO)

TOLITOLI, LINDO - Tim buru sergap Sat reskrim Polres Tolitoi berhasil meringkus Pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan. Dari identitas pelaku di ketahui bernama Rudi Hartono alias Rudi (32) warga desa Labonu kecamatan Basidondo kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah.

Pelaku merupakan Residivis kasus pencurian yang meresahkan masyarakat. Saat di lakukan penangkapan, Pelaku berusaha melarikan diri, sehingga polisi terpaksa melumpuhkan pelaku dengan timah panas.

"Pelaku di tangkap di Desa Labonu, Kecamatan Basidondo, Kabupaten Tolitoli. Pelaku di tangkap sehubungan dengan kasus pencurian dengan kekerasan yang terjadi pada hari senin (15/10) sekitar jam 19.00 Wita, tepatnya di jalan Veteran kelurahan Baru, kecamatan Baolan. Dari tangan pelaku Tim buser polres Tolitoli berhasil mengamankan barang bukti hasil pencurian dengan kekerasan dan alat yang di guna kan dalam melalukan aksinya.setelah di lakukan pendalaman penyelidikan,di ketahui tersangka  merupakan Residivis kasus pencurian," kata Kapolres Tolitoli, AKBP.Hendro Purwoko Sik.MH, Jumat, (9/11).

Menurut Kapolres Tolitoli, berdasarkan pengakuan dari tersangka bahwa Ia telah beberapa kali melakukan aksi pencurian di kantor pemerintahan rumah Kos kosan dan perumahan guru yang ada di wilayah kabupaten Tolitoli.

"Dari hasil pengembangan beberapa barang bukti berhasil di amankan, di antaranya, 1 unit HP merk Samsung J7 prime warnah pink Gold, 1 unit HP merk samsung lipat warnah putih, TKPnya di jalan Veteran kelurahan Baru Kecamatan baolan Kabupaten Tolitoli. 1 unit HP merk Asus warnah hitam, 1 buah tas samping merk export warnah hitam (TKP di jalan belibis kelurahan Tuweley kecamatan Baolan, tepat nya di rumah Kontrakan samping Wisma fikri 11), 1 buah note book merk Accer warnah Silver, (TkP jalan KH.Wahid Hasyim kelurahan Baru kecamatan Baolan), 1 unit Laptop merk Axioo warnah hitam beserta charger, (TKP kantor kelurahan Tambun), 1 unit Note book merk HP warnah hitam beserta charger, 1 buah cooling pad (kipas laptop) merk votre warnah putih bening, 1 buah tas notebook merk mohawk warnah orange, ( TKP di perumahan Guru samping SMPN 3 Tolitoli, jalan Sultan hasanuddin kelurahan Baru),"  ungkap Hendro.

Hendro menambahkan bahwa modus operandi pelaku dengan mencari sasarAn jambret dengan membuntuti korban, pada Saat di tempat yang sepi, Pelaku langsung menyerempet korban dan merampas tas korban dengan cara di tarik hingga tali tas korban terputus mengakibatkan korban terjatuh dari sepeda motor.melihat korbannya terjatuh, kemudian pelaku melarikan diri.

Pelaku juga mencari rumah kos kosan dan perkantoran yang sepi.suasana sepi itulah di gunakan pelaku untuk melakukan aksinya menggasak barang barang yang ada di dalam rumah dan kantor pemerintahan.

Saat ini tersangka Rudi Hartono alias Rudi (32) bersama barang bukti di amankan di mapolres T^olitoli. Tersangka di jerat dengan pasal 365 ayat (2) ke 4e KUHPidana sub pasal 365 ayat (1) KUH Pidana dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. ( ALAM)

Berita Terkait