Rabu, 19 Desember 2018 | 08:46:59 WIB

Kenalkan Tusi Bakamla, SPKKL Sambas Undang Siswa SMKN 1 Perikanan Pemangkat

Rabu, 14 November 2018 | 17:38 WIB
Kenalkan Tusi Bakamla, SPKKL Sambas Undang Siswa SMKN 1 Perikanan Pemangkat

Kepala Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Sambas Bakamla Arief Purwantono, S.E. mengundang puluhan siswa SMKN 1 Perikanan Pemangkat untuk mengenal dan mendalami tugas fungsi SPKKL dibidang keamanan dan keselamatan laut, di Kantor SPKKL Sambas, Kab. Sambas, Prov. Kalimantan Barat, Selasa (13/11/2018).

 

Sebelum melihat secara langsung peralatan komunikasi dan informasi antara lain radio, GMDSS, AIS dan radar yang digunakan SPKKL Sambas dalam tugas pemantauan perairan, Arief secara singkat memaparkan tentang tugas dan fungsi SPKKL Sambas. Diharapkan dari paparan yang disampaikan siswa mengetahui dan memahami tugas dan fungsi SPKKL Sambas, mengetahui fungsi peralatan komunikasi dan informasi yang digunakan serta dapat mengetahui peralatan keselamatan di laut dan cara menggunakannya.

 

Materi yang diberikan diperkuat dengan menunjukkan bagaimana peralatan tersebut bekerja. Kepala SPKKL Sambas dibantu para stafnya membawa para peserta ke ruangan yang sehari-hari digunakan untuk pemantauan perairan, agar dapat mengetahui tugas monitoring yang dilakukan sehari-hari. Bukan itu saja, bahkan salah satu staf SPKKL Sambas Sukri, S.Pd juga mengenalkan dan memperagakan peralatan selam yang biasa digunakan oleh personel SPKKL Sambas untuk mendukung tugas keselamatan di laut.

 

Terlihat antusiasme peserta dalam mengikuti seluruh materi pengenalan dan praktek hari ini. Meskipun dilaksanakan dalam waktu singkat, namun kegiatan yang digelar dalam rangka Bina Kreasi Maritim Bakamla ini telah memberikan kesempatan pada siswa perikanan yang merupakan bagian dari masyarakat maritim untuk dapat mengenal Bakamla lebih dekat.

Berita Terkait