Jumat, 20 Oktober 2017 | 03:02:58 WIB

Zulkifli Hasan Minta Sekjen MPR Transparansi Soal Anggaran

Senin, 1 Februari 2016 | 00:56 WIB
Zulkifli Hasan Minta Sekjen MPR Transparansi Soal Anggaran

Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Wakilnya, Oesman Sapta Odang. (FOTO: MTV/LINDO)

BALI, LINDO - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan memberikan ucapan selamat kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) MPR yang baru, Ma'ruf Cahyono.

Zulkifli berharap Sekjen yang baru dapat memberikan kontribusi yang baik bagi MPR.

"Selamat kepada Pak Ma'ruf Cahyono yang telah ditetapkan sebagai Sekretaris Jenderal MPR RI yang baru," ujar Zulkifli Hasan didampingi Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta dan beberapa Pimpinan Badan MPR RI,  di depan awak media usai rangkaian Rapat Koordinasi Pimpinan MPR RI dengan para Pimpinan Badan Sosialisasi MPR, Badan Kajian MPR, Badan Anggaran MPR dan Pimpinan Lembaga Pengkajian MPR, di Hotel Stones, Legian, Bali, Minggu (31/1) malam.

Mengenai penetapan Ma'ruf sebagai Sekjen yang baru, Zulkifli mengaku sudah menerima Keppres pada Jumat, (29/1) sore.

Lebih lanjut, dia berharap Ma'ruf dapat dilantik secepatnya agar bisa segera bekerja.

"Calon Sesjen yang terjaring ada tiga calon, semuanya sangat berkualitas. Dan yang akhirnya terpilih karena penilian yang sangat objektif dilihat dari kemampuan, akuntabilitas dan kapabilitas. Yang terpilih bukan karena kedekatan dengan salah satu pimpinan atau siapa pun. Ini murni karena hasil penilaian tim penilai dari berbagai kalangan yang capable dan berakhir di Tim Penilai Akhir, di dalamnya ada Presiden dan Wapres RI," jelas Zulkifli.

Zulkifli melanjutkan, kalau dahulu, contoh dirinya saat menjadi seorang menteri bisa menunjuk langsung pimpinan Kesekretariatan. Tetapi sekarang tidak bisa karena ada UU yakni ASN. Selain itu, yang menilai tidak sembarangan. Tim penilai sangat objetif, akuntabel, dan terbuka.

Ke depannya, diharapkan Ma'ruf bisa memimpin lembaganya dengan baik. Kinerja seorang Sekjen harus akuntabel dan terbuka.

"Jangan main-main soal anggaran karena berbahaya sekali. Lembaga negara adalah pelayanan publik. Anggaran yang dipakai adalah uang rakyat.  Transparansi dan bisa dipertanggungjawabkan adalah keharusan. Kami harap ada dukungan yang baik dari Sekretariat Jenderal MPR RI dalam tugas-tugas kami, para Pimpinan dan anggota MPR RI," kata Zulkifli. (MTV)

EDITOR : EDITOR: ALDY M

Berita Terkait

Baca Juga