Senin, 20 Mei 2019 | 00:21:45 WIB

Danau Tolire di Kota Ternate yang Penuh Keajaiban Mistik

Selasa, 1 Januari 2019 | 11:37 WIB
Danau Tolire di Kota Ternate yang Penuh Keajaiban Mistik

Misteri melempar batu di Danau Tolire, Kota Ternate, Maluku Utara, yang penuh dengan keajaiban misteri. (FOTO: ALDY/LINDO)

TERNATE, LINDO - Selain Pantai Sulamadaha, tempat wisata yang juga menjadi pilihan di hari libur, yakni Danau Tolire. Danau Tolire merupakan salah satu objek wisata unggulan di Pulau Ternate Provinsi Maluku Utara. Danau yang terletak sekitar 10 km dari pusat kota Ternate ini, selain bentuknya unik juga memiliki cerita legenda yang menarik.

Danau Tolire berada di bawah kaki Gunung Gamalama, gunung api tertingi di Maluku Utara. Untuk menempuh Danau Tolire yang berada di Desa Takome, Kecamatan Pulau Ternate dibutuhkan waktu sekitar 60 menit dengan perjalanan darat dari pusat kota Ternate.

Menariknya, sepanjang perjalanan ke tempat ini kita akan melihat keindahan lain dari Pulau Ternate. Rimbunnya pepohonan pala dan cengkeh bisa dijumpai di tepi jalan, ditambah dengan lingkungan pedesaan yang masih asri.

Setelah memasuki gerbang Danau Tolire, pengunjung harus membayar Rp 1.500 untuk kendaraan roda dua dan Rp 3.000 saja untuk kendaraan roda empat.

Danau Tolire terdiri dari dua buah danau, yaitu Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil. Berdasarkan sejarah geologi, terbentuknya Danau Tolire adalah akibat dari letusan freatik yang pernah terjadi daerah ini. Dari kedua danau ini, Danau Tolire Besar memiliki keunikan tersendiri. Danau ini menyerupai loyang raksasa.

Dari pinggir atas hingga ke permukaan air danau dengan kedalaman sekitar 50 meter dan luas sekitar 5 hektare. Sementara kedalaman danau itu sendiri hingga kini tidak diketahui. Sampai saat ini belum ada yang mengukur kedalaman danau ini. Padahal tak sedikit peneliti yang mencoba mengukur kedalaman Danau Tolire.

Air tawar di Danau Tolire Besar merupakan tempat tinggal bagi berbagai macam ikan. Namun, warga masyarakat setempat tidak ada yang berani menangkap ikan atau mandi di danau itu. Danau Tolire yang berada di bawah kaki Gunung Gamalama ini menyimpan sebuah kisah sedih. Menurut legenda, Danau Tolire terbagi menjadi dua bagian, yakni Tolire besar dan Tolire kecil.

Pecahnya danau tersebut dikarenakan kekhilafan seorang ayah kepada anak gadisnya. Sang ayah memerkosa anak gadisnya. Setelah tragedi memilukan tersebut, terjadi longsor dan danau meluap. Akibatnya, Desa Takome tenggelam. Anehnya, setelah surut danau seolah terbagi menjadi dua bagian. Danau Tolire Besar diperkirakan sebagai wujud dari sang ayah. Sementara itu, Danau Tolire Kecil adalah wujud sang anak.

Jarak dari Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil hanya 200 meter. Danau Tolire Kecil berada dekat tepi pantai. Airnya payau, karena jaraknya dekat dengan laut, yakni sekitar 50 meter. Bila mengunjungi Danau Tolire Besar, otomatis Anda harus melewati Danau Tolire Kecil. Selain menyimpan cerita memilukan, Danau Tolire juga memiliki kekuatan gaib.

Masyarakat setempat percaya terdapat buaya putih siluman yang melindungi danau. Tak seperti cerita mistis lainnya, kata mereka buaya itu bisa dilihat kapan saja jika ia sedang menampakkan diri di permukaan. Ada satu aktivitas unik yang wajib Anda dilakukan ketika mengunjungi danau yang memiliki air berwarna hijau ini yaitu melempar batu.

Dipercaya jika melempar sesuatu ke danau, bagaimana pun kuatnya lemparan dengan menggunakan batu atau benda lain, tidak akan pernah menyentuh air danau. Batu yang dilempar seperti hilang sebelum sampai ke permukaan danau. Secara alamiah belum bisa dijelaskan bagaimana hal ini terjadi.

Besar kemungkinan, hal ini disebabkan dalamnya letak danau dari posisi lemparan seseorang yang membuat lemparan itu kelihatan jauh namun sebenarnya jatuh pada titik terdekat dari pinggiran danau.

Untuk mencoba melempar batu, Anda harus membeli batu yang dijual anak-anak desa setempat seharga Rp 2.000 untuk 5 biji batu. Sebab di lokasi tersebut akan sulit di temukan batu yang digunakan untuk melempar. Seusai menikmati keindahan danau dan mencoba lempar batu, Anda bisa beristirahat sejenak di bawah pepohonan besar.

Di sekitar Danau kebanggaan masyarakat Ternate ini tersedia aneka makanan yang dijual oleh para pedagang. Setiap pengujung yang datang bisa menikmati kesegaran air kelapa muda untuk sejenak melepas dahaga.

Selain itu, Anda pun sepertinya dimanjakan oleh indahnya lautan dari atas ketinggian di mana Danau Tolire terletak. Perpaduan udara gunung dan lautan bisa menjadi suatu hiburan yang menyehatkan.

ALDY/AKSMATOUR

Berita Terkait