Selasa, 25 Juni 2019 | 19:08:09 WIB

Dikes Lantamal VIII Adakan Fogging di Desa Bahowo Manado

Sabtu, 12 Januari 2019 | 00:18 WIB
Dikes Lantamal VIII Adakan Fogging di Desa Bahowo Manado

(FOTO: LANTAMAL VIII/LINDO)

MANADO, LINDO - Perubahan musim yang terjadi di wilayah Sulawesi Utara, Khususnya di Manado menyebabkan banyak terjadi kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Oleh sebab itu, Danlantamal VIII Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, MMar, Stud, memerintahkan jajarannya yaitu Diskes Lantamal VIII untuk melaksanakan Fogging yang bertempat di Desa Bahowo Kecamatan Tongkaina, Kota Manado. Kegiatan ini dipimpin oleh Kapten Laut (P) Paulus beserta Tim Diskes Lantamal VIII.

Lantamal VIII turut mendukung dan memberikan bantuan kepada pemerintah Kota Manado dan Provinsi Sulut dalam menghadapi wabah Deman Berdarah Dengue (DBD). Adapun area yang di fongging seluas 2 kampung yaitu sebanyak 152 rumah.  

Aedes Aegypti merupakan jenis nyamuk yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah. Selain dengue A. aegypti juga merupakan pembawa virus demam kuning (yellow fever), chikungunya dan demam Zika yang disebabkan oleh virus Zika Penyebaran jenis ini sangat luas, meliputi hampir semua daerah tropis di seluruh dunia.

Sebagai pembawa virus dengue A aegypti merupakan pembawa utama (primary vector) dan bersama Aedes albopictus menciptakan siklus persebaran dengue di desa dan kota.

Mengingat keganasan penyakit demam berdarah masyarakat harus mampu mengenali dan mengetahui cara-cara mengendalikan jenis ini untuk membantu mengurangi penyebaran penyakit demam berdarah.

LANTAMAL VIII

Berita Terkait