Kamis, 21 Maret 2019 | 07:12:13 WIB

Peringati Hari Dharma Samudera, Lantamal VIII Bersihkan Pantai di Tumumpa Manado

Sabtu, 12 Januari 2019 | 00:20 WIB
Peringati Hari Dharma Samudera, Lantamal VIII Bersihkan Pantai di Tumumpa Manado

(FOTO: LANTAMAL VIII/LINDO)

MANADO, LINDO - Danlantamal VIII diwakili Aspotmar Danlantamal VIII Kolonel Laut (P) Rumpoko menghadiri Kegiatan Bersih Pantai dan Muara Sungai Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Provinsi Sulawesi Utara bekerjasama dengan Lantamal VIII Manado dalam rangka memperingati hari Dharma Samudera bertempat di Komplek Pelabuhan Perikanan Pantai Tumumpa Manado. 

Kegiatan ini diikuti oleh Lantamal VIII, Yonmarhanlan VIII Bitung, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulut, Dinas Lingkungan Hidup dan Masyarakat sekitar Komplek Pelabuhan Perikanan Pantai Tumumpa Manado. 

Sampah plastik di lautan misalnya sekitar 20% berasal dari sektor pelayaran dan perikanan. Namun 80% berasal dari daratan. Sampah plastik di lautan yang berasal dari darat bersumber dari aliran sungai yang bermuara di laut dan kawasan pesisir, di mana wilayah pesisir Indonesia mencakup 50% area daratan dengan tingkat populasi 70% tinggal di wilayah ini.

Berkaitan dengan hal pengendalian pencemaran dan kerusakan pesisir dan laut, pemerintah Indonesia dalam berbagai forum internasional telah menyatakan komitmen mengurangi sampah plastik di laut sampai 70% pada 2025. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulut Bapak Ronald Sorongan, Kadiskes Lantamal VIII Letkol Laut (K/W) Yosina Rareho, A.Mk dan Seluruh Perwira Potmar.

LANTAMAL VIII

Berita Terkait