Selasa, 20 Agustus 2019 | 12:46:52 WIB

TNI AL Terjunkan Pasukan Khusus Pada Latihan Bersama Di Pakistan

Minggu, 10 Februari 2019 | 13:15 WIB
TNI AL Terjunkan Pasukan Khusus Pada Latihan Bersama Di Pakistan

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) ikut serta dalam latihan bersama Multinasional Exercise Aman 2019, dengan mengirimkan prajurit berkualifikasi pasukan khusus, yang berlangsung sejak 7 Februari sampai dengan 17 Februari 2019, di Karachi, Pakistan. Latihan ini merupakan ajang dua tahunan yang digelar sejak tahun 2007, dan pada tahun ini diikuti oleh 18 negara. 

Adapun tujuan dilaksanakannya latihan ini, yaitu meningkatkan hubungan dan kerja sama militer antara TNI AL, Pakistan Navy serta negara-negara regional dan ekstra regional. Ke - 18 (delapan belas) negara yang turut ambil bagian dalam latihan di Pakistan, yaitu Indonesia, Nigeria, Maldives, Francis, Mesir, China, Brunei, Australia, Oman, Palestina, Polandia, UAE, Sri Lanka, Thailand, Turki, UK, Jepang dan USA.

Multinasional Exercise Aman 2019 dibuka oleh Commander Pakistan Fleet, Vice Admiral Muhammad Amjad Khan Niazi HI (M) S Bt, di Aquatic Club PN Dockyard Karachi, Pakistan, pada 8 Februari 2019. 

Dalam latihan ini, TNI AL menerjunkan prajurit pilihannya yang berkualifikasi pasukan, khusus baik itu dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Marinir TNI AL, dengan Komandan Satgas AMAN 2019 Mayor Laut (S) Taufan B. Wicaksono.

Selama latihan bersama ini, para prajurit angkatan laut negara-negara peserta, akan melatihkan berbagai materi, antara lain TTX MIO, Airborne Operations and CT Operations, Small Arms Firing, Advanced Markmanship Drill, Close Quater Battle, Force Protection Exercise, Anti Piracy Demo, Vehicle/Personnel Search, IED Handling dan Detection and CM Against Suicide Bombers. (ARMAN R)

Berita Terkait