Minggu, 24 Februari 2019 | 10:56:56 WIB

Satgas Pamtas Yonmek 521/DY Amankan Ribuan Botol Miras Ilegal

Minggu, 10 Februari 2019 | 18:07 WIB
Satgas Pamtas Yonmek 521/DY Amankan Ribuan Botol Miras Ilegal

(FOTO : DISPENAD/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Ribuan Minuman Keras (Miras) ilegal berhasil diamankan Satgas Pamtas Yonif Mekanis (Yonmek) 521/DY, di wilayah perbatasan RI-PNG (Papua Nugini), tepatnya di Yanggandur.

"Para pemasok Miras dalam melancarkan aksinya melakukan dengan berbagai macam cara, agar dapat melewati jalur perbatasan antara Indonesia dengan PNG," ungkap Dansatgas Pamtas Yonmek 521/DY Letkol Inf Andi A.Wibowo, di Merauke, Papua, Sabtu (9/2).

Jalur perbatasan lanjutnya, seakan menjadi surga bagi para pelaku penyelundup minuman keras yang tidak dilengkapi kelengkapan surat ijin.

"Seperti yang terjadi pada Jumat (8/2), anggota Satgas Pos Yanggandur, berhasil mengamankan ribuan botol Miras ilegal, Peristiwa yang sudah berulang ini, tentu sudah menjadi hal yang tidak terlalu sulit bagi anggota Satgas Yonmek 521/DY," ujar Letkol Inf Andi A.Wibowo,

Hal ini menurutnya, sudah menjadi atensinya, untuk menyelamatkan masyarakat dari  pengaruh jahat Miras, termasuk masalah penyelundupan lintas batas negara ini.

"Kita sudah plot jalur hitam ini, sehingga penyeludupan miras dan barang ilegal lainnya dapat diberantas," terangnya.

Atas capaian anggotanya tersebut, Andi Wibowo pun memberikan apresiasi. "Mereka sepertinya tidak jera, setelah sebelumnya gagal (menyelundupkan ribuan botol miras), karena berhasil kita amankan. Kemarin mencoba lagi mengirimkan ribuan (Miras)," ujarnya heran.

Dansatgas menegaskan, seluruh jajaran Satgas Pamtas Yonmek 521/DY telah berkomitmen untuk memberantas segala macam peredaran Miras di sektor perbatasan Merauke, Papua.

"Penangkalan peredaran Miras di wilayah perbatasan akan terus kita gelar, tidak akan biarkan saudara kita di sini terpengaruh dan  tergantung kepada minuman yang berbahaya ini," katanya serius.

Pihaknya ingin suasana di perbatasan ini aman dan kondusif, sebab Miras Ilegal ini tidak hanya berdampak kepada perorangan namun juga dalam kehidupan sosial,  keamanan serta kehidupan masyarakat lainnya.

Sementara itu, Danpos Yanggadur,  Letda Inf. Gatot Mustafa S.Tr. Han mengatakan, sesuai instruksi dari Komando Atas, ia bersama anggotanya akan berupaya maksimal dalam memberantas peredaran miras di wilayah perbatasan, khususnya di wilayah perbatasan Papua - PNG.

"Ribuan botol Miras Ilegal tersebut akan diselundupkan ke Tanah Merah Kabupaten Boven Digoel. Karena tidak ada surat kelengakapan resmi, maka ribuan botol tersebut masih diamankan di Pos. Pada kesempatan pertama telah kita laporkan ke Komando Atas, dan juga kita telah koordinasikan dengan pihak Kepolisian," ungkapnya. (ARMAN R).

Berita Terkait