Senin, 27 Mei 2019 | 00:40:11 WIB

Sekjen PDI Perjuangan Bersilaturahmi dengan Budayawan Jawa Barat

Sabtu, 23 Februari 2019 | 12:06 WIB
Sekjen PDI Perjuangan Bersilaturahmi dengan Budayawan Jawa Barat

Hasto Kristiyanto bersilaturahmi dengan budayawan Jawa Barat di kediaman budayawan Budi Dalton, di Turangga, Bandung, Jumat (22/2/2019). (FOTO: ANTARA/LINDO)

BANDUNG, LINDO - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto melakukan silaturrahmi dengan sejumlah budayawan Jawa Barat di kediaman Budi Dalton, di Jalan Rengkong, Bandung, Jumat (22/2/2019).

Budi Dalton menerima Hasto Kristiyanto dan rombongan Safari Politik Kebudayaan VIII, didampingi sejumlah budayawan antara lain, Edy Brokoli. Sedangkan, rombongan Hasto Kristiyanto antara lain, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Tubagus Hasanuddin, Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari.

Suasana pertemuan itu berlangsung hangat dan akrab di tengah rintik hujan yang membasahi Kota Bandung. Para seniman dan budayawan itu menyampaikan aspirasinya dan kemudian bertukar gagasan dengan Hasto. Pertemuan itu diramaikan dengan hidangan kopi dan kue tradisional.

Budi Dalton mengatakan, banyak  program yang dapat disinergikan dengan budayawan di Jawa Barat, khususnya yang ada di pinggiran kota, karena jarang tersentuh.

Karena itu, Budi menyatakan, dirinya tidak mewakili tetapi merupakan sebagian kecil pelaku budaya, berterima kasih kepada PDI Perjuangan yang telah meluangkan waktunya mendengarkan keluhan budayawan Jabar.

Menurut Budi, target dari berbagai macam programnya adalah kaum milenial yang telah melakukan berbagai aktivitas dan kreativitas di wilayah Jabar yang belum tersentuh, agar ditangkap dan diarahkan.

Sementara itu, Hasto menjelaskan, bahwa Jabar kaya dengan tradisi dan kebudayaan, baik musik, tarian, hingga kuliner. "Namun, banyak budaya nusantara yang mulai luntur karena adanya akulturasi budaya asing," katanya.

Karena itu, kata Hasto, perlu ada strategi kebudayaan yang harus dijalankan bersama-sama karena sangat sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia, khususnya di Jawa Barat.

Hasto berharap, dari pertemuan ini, para tokoh kebudayaan dapat memperindah politik pada kesejatiannya, melalui strategi kebudayaan nusantara seperti musik dan tarian tradisional, seni pertunjukan, seni rupa, hingga kuliner.

Hasto menambahkan, Silaturrahmi dengan para budayawan untuk mendorong hijrah politik nasional menjadi wajah politik yang berkebudayaan dan kerkeadaban, dengan mengedepankan politik santun, toleran, dan mengutamakan persatuan bangsa.

Hasto juga mengajak budayawan untuk menjadi bagian dari upaya pelestarian lingkungan di Jawa Barat, salah satunya adalah menjadi aliran sungai Citarum dari kerusakan.  "Pemerintahan Presiden Jokowi sudah berusaha keras menjaga kelestarian lingkungan, salah satunya memelihara daerah aliran sungai Citarum," katanya.

ANT

Berita Terkait