Rabu, 20 Maret 2019 | 19:03:03 WIB

Soal Dana Desa, Kapolres Halut Minta Kades Selalu Berkoordinasi

Jum'at, 1 Maret 2019 | 12:04 WIB
Soal Dana Desa, Kapolres Halut Minta Kades Selalu Berkoordinasi

Anggota DPR RI Komisi XI DR Achmad Hatari (tengah), Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah III Ikandar Novianto (kiri), Bupati Halut Frans Manery (kedua dari kiri), Kapolres Halut AKBP Yuyun Kus Handriatmo (kedua dari kanan), saat menghadiri acara wokshop evaluasi impelementasi sistem tata cara kelola keuangan dana desa dengan aplikasi siskeudes, di Halut, Kamis (28/2/2019). (FOTO: JEFRY/LINDO)

HALUT, LINDO - Kegiatan wokshop evaluasi impelementasi sistem tata cara kelola keuangan dana desa dengan aplikasi siskeudes di Kabupaten Halmahera Utara, yang berlangsung di Hotel Grand Lan, Tobelo, Halut, Kamis (28/2/2019).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPR RI Komisi XI DR Achmad Hatari, Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah III  Ikandar Novianto, Bupati Halut Frans Manery, Kapolres Halut AKBP Yuyun Kus Handriatmo, Sekda Halut Fredy Tjandua, para SKPD Pemda Halut, para Kepala Desa se-kabupaten Halut.

Kapolres Halmahera Utara AKBP Yuyun Kus Handriatmo menyampaikan bahwa dirinya belum berkesempatan untuk berkunjung dan bersilaturahmi di desa-desa. Namun ia berkomitmen dengan Bupati Halut bahwa akan berkunjung ke semua desa guna menampung aspirasi masyarakat.

"Keterbatasan waktu, sehingga saya belum sempat berkunjung dan bersilaturahmi di desa-desa. Tapi dari awal saya telah berkomitmen dengan bapak Bupati bahwa kami akan berkunjung ke semua desa," kata Kapolres dalam sambutannya.

Melalui silaturahmi dan perkenalan kata Kapolres bahwa ini merupakan pintu masuk. "Maka dari tempat inilah saya perkenalkan diri saya selaku Kapolres Halut yang baru menjabat Kapolres Halut selama 3 bulan," ucap Kapolres.

Terkait dengan tema hari ini, adalah merupakan tanggung jawab kami karena Polri memiliki MoU dengan Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) dalam hal Pengewasan Dana Desa" Sesuai dengan Undang Undang Kepolisian serta Undang Undang Dana Desa.

Kapolres menjelaskan, sejak dirinya bertugas di Kabupaten Halmahera Utara, pihak Polres telah menemukan beberapa masalah terkait Dana Desa yang berdampak pada situasi Kamtibmas di Kabupaten Halut.

"Harapan saya kepada para kepala desa agar setiap permasalahan sekecil apapun selalu di laporkan kepada kami pihak Polres Halut guna antisipasi dampak dan gejolaknya," harapnya.

Selain itu lanjut Kapolres, bahwa pihaknya juga memiliki perpanjang tangan di desa yakni Bhabinkamtibmas. Oleh karena itu ia berharap pada pemerintah desa agar jangan bosan disaat jajarannya datang untuk berkoordinasi.

"Kami berharap pada kepala desa jangan risih dan bosan jika ada aparat kami yang datang untuk berkoordinasi soal penggunaan dana desa pada pemerintah desa, tetap objektif dan transparan saja," tutur Kapolres.   

JEFRY

Berita Terkait