Selasa, 15 Oktober 2019 | 16:20:29 WIB

Menhan Buka Acara Pembinaan Kesadaran Bela Negara Bagi Pemuda Pancasila

Minggu, 3 Maret 2019 | 21:00 WIB
Menhan Buka Acara Pembinaan Kesadaran Bela Negara Bagi Pemuda Pancasila

(FOTO : PUSKOMPUBLIKKEMHAN/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu memberikan sambutan sekaligus membuka acara Pembinaan Kesadaran Bela Negara Kepada 108 Peserta Organisasi Masyarakat (Ormas) Pemuda Pancasila Tahun 2019, di Gedung Pusdiknas Kwarnas Pramuka Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Jum’at (1/3),

Menhan dalam sambutannya mengatakan, menyambut baik kegiatan Pembinaan Kesadaran Bela Negara bagi Pemuda Pancasila yang berasal dari 21 Provinsi, yang dilaksanakan dari 1-3 Maret 2019.

Ia mengharapkan, acara ini dapat memperkuat kecintaan dan kebanggaan kepada bangsa dan negara Indonesia tercinta. “Semua itu berasal dari kesadaran penuh dari lubuk hati yang paling dalam, semua karena kecintaan dan kebanggan kepada bangsa dan negara Indonesia,” ujar Ryamizard Ryacudu.

Menurutnya, Pemuda Pancasila (PP) merupakan generasi penerus bangsa dan calon–calon pemimpin masa depan menjadi generasi yang lebih baik lagi dari generasi–negerasi sebelumnya, terutama menjadi generasi yang memiliki landasan agama dan jiwa kenegarawan yang kuat.

“Siapapun yang ikut bela negara, maka sudah pasti mengakui adanaya Pancasila sebagai idiologi negara dan bangsa. Dan yang tidak mau bela negara, maka tidak mengakui adanya Pancasila,” tegasnya.

Sebagai anggota PP lanjutnya, sekaligus kader-kader pemimpin nasional kedepan, bahwa atribut PP terdapat simbol-simbol patriotism. “Di dada kalian terpatri sebagai keluarga besar patriot bangsa. Jadilah duta bela negara dan menjadi garda terdepan untuk menjaga kemurnian Pancasila dalam berbangsa dan bernegara,” ucap Menhan.

Oleh karena itu tambahnya, para peserta Kesadaran Bela Negara harus menyadari didalam darah PP telah mengalir DNA pejuang sejati pendiri Republik Indonesia (RI) tercinta, serta diteruskan tongkat estafet yang berisi amanah untuk mempertahankan tetap utuh dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Menhan berharap, melalui kegiatan Kesadaran Bela Negara Pemuda Pancasila, dapat menghasilkan sumbangan pemikiran maupun konsep mendasar untuk meningkatkan kiprah organisasi dalam memberikan kontribusi yang positif terhadap negara dan bangsa serta masyarakat luas.

Hadir pada acara tersebut Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) PP, KPH Japto S Soerjosemarno, Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan, Kapuskom Publik Kemhan, Karo TU Setjen Kemhan. (ARMAN R)

Berita Terkait