Selasa, 16 Juli 2019 | 11:30:10 WIB

Kemenkes Ajak Masyarakat Berantas Narkoba

Senin, 18 Maret 2019 | 09:52 WIB
Kemenkes Ajak Masyarakat Berantas Narkoba

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, Eka Jusuf Singka (kiri) saat memaparkan soal bahaya narkoba di Jakarta. (FOTO: GO-HAJI/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengajak masyarakat untuk ikut peka terhadap penyalahgunaan narkoba di lingkungan tempat tinggal. Masyarakat punya tanggung jawab moral untuk memberantas narkoba.

"Kami sebagai insan kesehatan memiliki kewajiban morel mensosialisasikan sekaligus menawarkan penerapan Gerakan Masyarakan Hidup Sehat (Germas) dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkotika di negeri ini bersama-sama masyarakat," tegas Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, Eka Jusup Singka di Jakarta, Minggu, 17 Maret 2019.

Eka meminta masyarakat untuk ikut serta membantu pemerintah menyukseskan program Germas. Dia bilang, jangan sampai masyarakat tak acuh terhadap penyalahgunaan narkotika di lingkungan sekitar.

"Germas tidak hanya gerakan pemerintah tapi adalah milik masyarakat Indonesia yang harus disukseskan bersama-sama. Indonesia sehat tanpa narkoba," ujar Eka.

Sejalan dengan Eka, Ketua Umum Gerakan Indonesia Anti Narkoba (GIAN) Guntur Eko Widodo merespons positif program Germas. "GIAN akan berkomitmen mengimplementasikan nilai-nilai Germas dalam pergerakannya," kata Guntur.

Germas merupakan program sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan Germas harus dimulai dari diri sendiri dan keluarga.

Dengan menerapkan Germas, diharapkan generasi muda dan masyarakat dapat berperilaku hidup sehat tanpa narkoba. Kondisi ini akan menghindari penyalahgunaan narkoba di masyarakat.

MEDCOM

Berita Terkait