Rabu, 24 April 2019 | 21:28:57 WIB

PLN Pulihkan 69 Gardu Pascabanjir di Jayapura

Kamis, 21 Maret 2019 | 07:36 WIB
PLN Pulihkan 69 Gardu Pascabanjir di Jayapura

Petugas PLN sedang memperbaiki jaringan kelistrikan yang rusak akibat bencana banjir bandang di Kelurahan Doyo, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Senin (18/3/2019). (FOTO: Humas PLN/KMP/LINDO)

JAYAPURA, LINDO - PT PLN Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B) telah memulihkan 69 gardu dari 104 gardu yang padam pascabanjir bandang di Jayapura. Enam penyulang pun telah beroperasi.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Ari Dartomo mengatakan hingga kini pihaknya telah memulihkan 66 persen gardu yang terdampak banjir bandang di Kabupaten Jayapura.

"Pascabencana sebesar 5,2 MW beban daya yang tidak tersuplai, namun kini kurang lebih 1,7 MW sisa daya yang belum dapat tersuplai kepada masyarakat," kata Ari seperti dilansir dari Antara, Rabu, 20 Maret 2019.

Menurut Ari sebagian besar daerah yang masih mengalami pemadaman yakni daerah Depapre dan Genyem dikarenakan akses jalan yang belum bisa dilalui. Banjir susulan yang terjadi pada Senin malam mengakibatkan beberapa akses jalan terputus sehingga menghambat proses pemulihan infrastruktur kelistrikan.

Dia menjelaskan banjir bandang tersebut juga mengakibatkan beberapa Tower Transmisi SUTT 70 kV Genyem-Sentani mengalami kerusakan. Sehingga pendistribusian tenaga listrik rencananya akan melalui Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 20 kV.

"Kini total 93 personel yang dikerahkan PLN untuk pemulihan sistem kelistrikan di daerah Sentani dan sekitarnya, para personel dibagi menjadi delapan tim dengan fokus pekerjaan perbaikan jaringan yang mengalami kerusakan," ujar Ari.

Dia menambahkan sejumlah lokasi masih dilakukan pemadaman. Adapun lokasi tersebut antara lain Kali Ular, Doyo Kompi, Doyo Transad, Kertosari, Waibron, Tablanusu, Tablasupa, Depapre, BTN Gajah Mada, Lintas Utara, Akuatan, Boroway, Yakonde dan Kanda.

MEDCOM

Berita Terkait