Minggu, 22 September 2019 | 15:59:39 WIB

Megawati Inginkan Isu Lingkungan Jadi Perhatian Politik

Jum'at, 5 April 2019 | 06:40 WIB
Megawati Inginkan Isu Lingkungan Jadi Perhatian Politik

Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (FOTO: ANTARA/LINDO)

KUNINGAN, LINDO - Anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Megawati Soekarnoputri, menyinggung perpolitikan di Indonesia. Menurut dia, hal tersebut tak boleh melepas tanggung jawab sebagai warga negara, salah satunya untuk menjaga lingkungan.

"Politik itu sebenarnya bagian dari kehidupan, jadi bukan hanya mereka yang ikut berpolitik itu jadi pragmatis," kata Megawati saat meresmikan Kebun Raya Kuningan, Kamis, 4 April 2019.

Pesan itu yang ingin ditunjukkan Megawati saat peresmian. Ketua Umum PDI Perjuangan itu tak ingin suasana politik di Indonesia menjadi kering karena tak ada yang dipikirkan selain politik. Maka peresmian Kebun Raya Kuningan ini menjadi bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Megawati menyebut isu lingkungan harus jadi perhatian. Hal itu pula yang disuarakan pada kader partai politik yang dipimpinnya. Mereka yang menjadi Kepala Daerah harus mengupayakan pembangunan kebun raya.

"Menurut orang lain ngapain ya Bu Mega ngurusin yang aneh-aneh, tapi sebenernya itu tujuan yang utama," kata dia.

Selain soal lingkungan, Megawati juga menyinggung bagaimana kancah perpolitikan saat ini berbeda dengan sebelumnya. Pemilihan Umum belakangan terlalu dimaknai dengan ekstrem dan menjurus ke segregasi elemen masyarakat.

Maka perlu tokoh-tokoh partai mengarahkan tensi politik ke ranah yang bisa diterima secara universal. Bagaimana masyarakat harus ikut memelihara lingkungan. Sehingga suasana menjadi sejuk dan kondusif.

"Daripada kita teriak-teriak kepada masyarakat tentang hal-hal yang menurut saya bukan karakter bangsa Indonesia," beber dia.

MEDCOM

Berita Terkait