Senin, 22 Juli 2019 | 17:07:32 WIB

Aster Panglima TNI : Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Wujudkan Keutuhan NKRI

Kamis, 11 April 2019 | 15:43 WIB
Aster Panglima TNI : Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Wujudkan Keutuhan NKRI

(Puspen TNI. Kamis, 11 April 2019).  Pemberdayaan wilayah pertahanan yang dilaksanakan oleh Prajurit Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) TNI melalui Pembinaan Teritorial (Binter) TNI pada hakikatnya mewujudkan keutuhan NKRI yang tangguh dalam rangka menjaga Pancasila dan UUD 1945.

 

Hal tersebut disampaikan Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI, Mayjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos., beberapa waktu lalu di hadapan ratusan peserta Komunikasi Sosial TNI dengan Komunitas Teritorial Tahun 2019, bertempat di Hotel IBIS Styles, Jl. Gaya Motor I, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

 

“Seluruh prajurit Satuan Komando Kewilayahan TNI hendaknya memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik serta terlatih dalam melaksanakan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan di wilayah masing-masing,” katanya.

 

Menurut Mayjen TNI George Elnadus Supit, kondisi sosial dan stabilitas pertahanan bangsa Indonesia sampai saat ini masih terkendali. “Namun harus kita sadari bersama bahwa situasi dapat berkembang dan bergerak dengan sangat dinamis, terutama yang berkaitan dengan masalah politik, hukum dan perekonomian serta persatuan dan kesatuan bangsa,” jelasnya.

 

Aster Panglima TNI juga mengingatkan bahwa masalah-masalah sosial sejak dini perlu diantisipasi dan dikoordinasikan oleh aparat komando kewilayahan dengan pejabat-pejabat terkait di daerah. “Laksanakan deteksi dini dan cegah dini agar masalah-masalah tersebut tidak berkembang menjadi gejolak sosial yang lebih luas dan dapat berdampak kepada stabilitas sistem pemerintahan,” ujarnya.

 

Selanjutnya dikatakan bahwa pelaksanan Komunikasi Sosial TNI dengan Komunitas Teritorial Tahun 2019 diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan koordinasi untuk memberikan solusi permasalahan-permasalahan yang terjadi serta menyamakan persepsi yang terkait dengan tugas kegiatan teritorial TNI.

 

“Kesempatan ini dapat dipergunakan oleh para Pimpinan dan Komunitas Teritorial TNI untuk memberikan masukan kepada Staf Teritorial TNI sebagai pertimbangan untuk program kerja bidang teritorial yang akan datang, khususnya menghadapi Pemilu serentak 2019 yang akan datang,” tutupnya.

 

Pelaksanaan Komunikasi Sosial TNI dengan Komunitas Teritorial Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Staf Teritorial (Ster) TNI mengangkat tema “Melalui Komsos TNI Dengan Komunitas Teritorial Trimatra Kita Menjaga Netralitas TNI Pada Pemilu 2019”.

 

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memelihara komunikasi dengan Komunitas Teritorial Trimatra guna menjaga Netralitas TNI pada Pemilu 2019 yang dilakukan secara sinergis oleh seluruh aparat teritorial, guna mewujudkan situasi yang aman, damai dan kondusif di wilayah binaan satuan kewilayahan dalam menghadapi pesta Demokrasi 2019 serta dalam menjaga kedaulatan, keutuhan dan keselamatan bangsa dan negara.

 

Peserta Komsos dengan Komunitas Teritorial Trimatra yaitu Paban IV/Komsos TNI AD, TNI AL, TNI AU, Staf Balakpus TNI, Kadispotdirga TNI AU, para Asops Kasgartap, para Aster Kasdam, Aster Kostrad, Aster Divisi I, II, III, Aster Kopassus, para Aspotmar, para Aspotdirga, Kasiter Korem Type-A, Pasiter Kodim Wilayah Jabodetabek, Paspotmar Wilayah Jabodetabek, Paspotdirga Wilayah Jabodetabek serta Danramil wilayah Jabodetabek. (Badar/Puspen TNI)

Berita Terkait