Selasa, 18 Juni 2019 | 04:09:53 WIB

Tempat Penyimpanan Resmi Surat Suara Tercoblos di KBRI

Jum'at, 12 April 2019 | 14:00 WIB
Tempat Penyimpanan Resmi Surat Suara Tercoblos di KBRI

Komisioner KPU, Viryan Azis memberikan keterangan pada wartawan di Kantor KPU Jakarta. (FOTO: MEDCOM/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan surat suara untuk pemilu di Malaysia seharusnya tersimpan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI). KPU masih mendalami surat suara tercoblos dalam video yang viral bisa berada di luar KBRI.

"Surat suara itu seharusnya di kantor KBRI. Selama ini, tempat penyimpanan resmi di KBRI," kata Komisioner KPU, Viryan Azis di Gedung KPU, Jakarta, Jumat, 12 April 2019.

Viryan menambahkan pihaknya masihmendalami keaslian surat suara dalam video itu. Dia mengatakan ada tanda khusus yang dapat mengenali apakah surat suara itu asli atau palsu.

Di luar negeri, pemungutan suara dilakukan dengan tiga metode, yaitu pemungutan di TPS Luar Negeri (TPSLN), Kotak Suara Keliling (KSK), atau pemungutan suara melalui pos.

Untuk metode pos dan KSK prosesnya sudah berjalan. Sementara pemungutan dengan metode TPSLN untuk wilayah Malaysia baru akan dilakukan pada 14 April 2019 mendatang.

"Apakah benar itu surat suara (dalam video) yang dikeluarkan?, kemudian apakah benar sesuai dengan prosedur?, apakah benar sesuai dengan rencana yang sudah dibuat oleh PPLN? Ini semua perlu diklarifikasi dan Insyaallah segera, setelah tim pulang ke Jakarta, kami akan bahas dalam rapat pleno," ujar Viryan.

Viryan menegaskan pihaknya tidak menoleransi kecurangan. Namun, dia meminta semua pihak menunggu hasil investigasi yang dilakukan KPU dan Bawaslu.

"Apakah yang terjadi demikian adanya atau tidak, karena memang beberapa waktu belakangan ini kan ada kasus yang sudah sama-sama kita ketahui, ternyata tidak benar, nah ini kita semangatnya kehati-hatian," ujar Viryan.

MEDCOM

Berita Terkait