Sabtu, 14 Desember 2019 | 05:21:30 WIB

55 Personel Bintara Dan Tamtama Akademi Angkatan Laut Naik Pangkat

Minggu, 14 April 2019 | 20:27 WIB
55 Personel Bintara Dan Tamtama Akademi Angkatan Laut Naik Pangkat

(FOTO : PENAAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Upacara Kenaikan Pangkat (Kenkat) prajurit Bintara dan Tamtama Akademi Angkatan Laut (AAL) periode 1 April 2019, yang dipimpin Komandan Denma AAL Letkol Marinir Rajiman, S.E., M.TR. Hanla,  di lapangan Gedung Mas Pardi AAL, Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Jumat Pagi (12/4).

Adapun jumlah personel anggota Bintara dan Tamtama AAL yang naik pangkat adalah 55 personel Bintara dan Tamtama AAL, terdiri dari 30 personel anggota Bintara dan 25 personel anggota Tamtama.

Dalam sambutannya, Komandan Denma AAL Letkol Marinir Rajiman mengatakan, peristiwa Kenkat adalah merupakan suatu karunia dan rakhmat dari Tuhan Yang Maha Esa, yang patut disyukuri agar dapat lebih memberikan makna bagi kehidupan pribadi para anggota dan keluarganya.

Menurutnya, Kenkat merupakan wujud pengakuan dan penghargaan atas prestasi dan dedikasi serta loyalitas yang telah ditunjukkan oleh para prajurit selama ini kepada Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan AAL pada khususnya, serta pada bangsa dan negara pada umumnya.

“Disisi lain, Kenkat mengandung konsekuensi dan tuntutan akan tanggung jawab yang lebih besar. Untuk itu ditekankan bagi setiap anggota agar senantiasa bersikap dan berbuat yang terbaik bagi kesatuannya, karena melalui kenaikan pangkat, institusi TNI/TNI AL selalu menghargai karya serta prestasi setiap prajurit.  Sebaliknya, institusi TNI AL juga pasti tidak akan pernah ragu untuk menindak tegas dan bahkan memberikan sanksi kepada setiap prajurit yang melakukan pelanggaran,” tegas Letkol Marinir Rajiman.

Ia menambahkan, perlu disadari dan dipahami oleh para anggota, bahwa tantangan tugas kedepan harus dijawab dengan selalu mengembangkan budaya kerja keras, kerja cerdas dan profesionalisme yang tinggi, sehingga mampu melahirkan konsep pemikiran visioner namun tetap aplikatif dan operasional serta responsive dan adaptif setiap denyut perubahan.

“Seperti kita ketahui bersama Kenkat ini memberikan indikasi yang sangat jelas, bahwa TNI AL tetap melaksanakan pembinaan personelnya secara konsisten melalui pembinaan yang sistematis dan terprogram. Hal ini berarti pula bahwa kegiatan pembinaan personel di lingkungan TNI AL senantiasa diselenggarakan dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) prajurit matra laut agar mampu menunjang pelaksanaan peran dan tugas serta fungsi TNI AL dan AAL pada umumnya,” jelas Komandan Denma AAL.

Ia juga mengingatkan, bahwa eksistensi bagi setiap anggota TNI AL, di manapun medan tugas dan bidang penugasannya, akan senantiasa melekat pada pribadi dan penampilan serta atribut kehormatannya sebagai prajurit matra laut. Oleh karenanya dituntut kepada seluruh anggota harus mampu untuk senantiasa mengekspresikan jati dirinya selaku prajurit matra laut. Dengan demikian para anggota harus mampu menampilkan nilai-nilai hakiki Sapta Marga dan Sumpah Prajurit sesuai dengan identitas prajurit TNI dan secara khusus dituntut pula harus mampu untuk mengaktualisasikan Trisila TNI AL sebagai tradisi terbaik yang kita miliki. (ARMAN R)

Berita Terkait