Jumat, 26 April 2019 | 17:12:11 WIB

Sebelas PNS Akademi Angkatan Laut Naik Pangkat

Senin, 15 April 2019 | 21:50 WIB
Sebelas PNS Akademi Angkatan Laut Naik Pangkat

(FOTO : PENAAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Upacara Kenaikan Pangkat (Kenkat) Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Akademi Angkatan Laut (AAL) yang memiliki dua makna penting, baik bagi PNS yang naik pangkat, maupun institusi Angkatan Laut dan AAL.

Hal ini diungkapkan Komandan Denma AAL Letkol Laut Marinir Rajiman, S.E., M.Tr. Hanla., M.M., yang juga selaku Inspektur Upacara (Irup) pada upacara Kenkat PNS AAL, di Gedung Dewakang AAL, Bumimoro, Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Senin (15/4).

Menurutnya, kedua makna penting tersebut, yaitu Pertama, Kenkat bukan merupakan hak, tetapi merupakan bentuk penghargaan yang diberikan institusi kepada PNS yang telah memenuhi persyaratan dan pertimbangan dari segi prestasi, kinerja, kesetiaan, pengabdian, kesamaptaan jasmani dan syarat-syarat obyektif lainnya.

Oleh karena itu aplikasi dari penghargaan tersebut harus ditampilkan melalui peningkatan kinerja yang lebih berkualitas, profesional dan produktif.  Kedua, Kenkat PNS AAL merupakan wujud dari pembinaan PNS TNI AL yang telah berjalan dengan baik.

“PNS TNI AL dalam kegiatannya mengemban fungsi dan tugas pokok institusi TNI AL, maka pembinaan PNS TNI AL harus dilaksanakan secara terarah, teratur dan berlanjut dengan berpedoman kepada ketentuan dan peraturan yang berlaku. Bila dihadapkan dengan tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks serta era globalisasi yang sarat dengan berbagai perubahan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, dibutuhkann figur Sumber Daya Manusia (SDM) PNS TNI AL yang berkualitas dan professional,” terang Letkol Laut Marinir Rajiman.

Oleh karena itu tambahnya, harus dapat mengantisipasi dengan selalu belajar dan berkarya serta selalu berpedoman pada Panca Prasetya Korpri dan Spirit AAL sebagai landasan moral dan etika dalam melaksanakan tugas dan pengabdian di AAL.

“Kita harus menyadari bahwa Kenkat merupakan suatu kebahagiaan dan cobaan, sehingga kita harus selalu mawas diri agar Kenkat ini tidak menjadikan kita takabur dan lupa diri. Kemudian bagi PNS yang belum naik pangkat, saya harapkan agar lebih meningkatkan prestasi kerja dan selalu memotivasi diri untuk lebih maju,” ujarnya.

PNS yang naik pangkat berjumlah sebelas personel, yaitu Penata III/c Fatmawati, Penata III/c Ary Suprijanti, S.Sos., Penata III/c Lilik Hariyati, Penata Tk. I III/d Massus, Penata Tk. I III/d Lilik Setyowati, Penata Tk. I  III/d Akhmad Jainuri, Penata Tk. I  III/d Handri Wahyu P, Pengda Tk. I III/b Eko Sumartono, S.Psi., Pengda Tk. I III/b Juliati Setyaningsih S.E., Pengda III/a Evi Martiningsih, S.S., dan Pengt Tk. I II/d Suliono. (ARMAN R)

Berita Terkait