Sabtu, 17 Agustus 2019 | 22:34:14 WIB

Wasbang, Materi Ceramah Bintaldam Jaya Kepada Anggota Kodim 0505/JT

Senin, 6 Mei 2019 | 22:28 WIB
Wasbang, Materi Ceramah Bintaldam Jaya Kepada Anggota Kodim 0505/JT

(FOTO : PENDAMJAYA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sebanyak 80 orang anggota Kodim 0505/Jakarta Timur (JT), terdiri dari Prajurit, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana, mengikuti ceramah Pembinaan Mental (Bintal) dari Bintaldam Jaya, di Aula Kodim 0505/JT, Cakung, Jakarta Timur, Senin (6/5).

Ceramah pembinaan mental yang bertepatan dengan hari pertama bulan Ramadhan ini, bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT bagi seluruh anggota Kodim tersebut beserta keluarganya. “Sehingga dapat mendukung tugas-tugas Kodim, terutama tugas para Babinsa di wilayah dan kehidupan sehari-hari dalam keluarganya," terang Pasiops Kodim 0505/JT Kapten Arm Sukarna mewakili Komandan Kodim (Dandim) 0505/JT Letkol Inf Dwi Yanu Lutfi Saleh.

Selain menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Penceramah dari Bintaldam Jaya yang dipimpin Kapten Arh Aris Supriadi dan Kapten Chb Aris Sugiarto, Pasiops juga berharap, sasaran kegiatan ini dapat tercapai.

“Manfaatkan kesempatan berharga ini dengan cara mengikuti, mendengarkan dan menyimak serta meresapi apa yang disampaikan oleh penceramah, sehingga sasaran yang diharapkan oleh pimpinan dapat tercapai,” ujarnya. 

Sementara itu, Kapten Arh Aris Supriadi dalam ceramahnya menyampaikan, pentingnya Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik (NKRI). Dijelaskannya, bahwa ketahanan bangsa merupakan kondisi dinamik yang berisi ketangguhan, kehandalan yang dibangun agar mampu menghadapi tantangan dari dalam dan luar negeri. Sedangkan Wasbang merupakan cara pandang suatu bangsa mengenai diri dan ideologinya serta cita-cita yang diorientasikan untuk memperkokoh dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Harus disadari saat ini pengaruh globalisasi dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga diperlukan filter untuk menyaringnya. Gejolak perbedaan yang terjadi di banyak wilayah Indonesia saat ini, merupakan upaya globalisasi dunia luar untuk menghancurkan Indonesia, oleh sebab itu kita harus bisa memfilter mana yang baik dan mana yang tidak baik, agar persatuan tetap terjaga dengan baik,” jelas Kapten Arh Aris Supriadi.

Menurutnya, kini banyak bermunculan kelompok berkedok agama tertentu yang berusaha merusak persatuan dan kesatuan bangsa.  “Banyak muncul penyimpangan dari ajaran agama yang sebenarnya untuk memecah Bangsa Indonesia dari dalam. Salah satu diadakannya kegiatan Bintal ini agar kita mengetahui dan bisa menjaga agar persatuan dan kesatuan tetap kokoh sesuai Bhineka Tunggal Ika, yaitu bersatu kita teguh bercerai kita runtuh," terang Kapten Arh Aris Supriadi. 

Diakhir ceramahnya, ia mengajak seluruh anggota Kodim 0505/JT terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sekaligus kulaitas pengabdian kepada Bangsa Indonesia. “Semoga pengabdian yang kita laksanakan akan selalu mendapatkan Ridho-Nya, serta menambah kualitas pengabdian kita kepada TNI, Bangsa dan Negara,” harapnya. (ARMAN R)

Berita Terkait