Selasa, 15 Oktober 2019 | 16:25:08 WIB

Pangdam I/BB Dukung Normalisasi Dan Pembersihan Sungai Deli

Rabu, 8 Mei 2019 | 14:29 WIB
Pangdam I/BB Dukung Normalisasi Dan Pembersihan Sungai Deli

(FOTO : PENDAMBB/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pangdam I/Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI MS Fadhilah menghadiri rapat Tindak lanjut Normalisasi dan Pembersihan Sungai Deli, Sungai Bedera, di Ruang rapat Gubsu, Jalan P. Diponegoro No.30m, Medan, Sumatera Utara (Sumut).  Rapat dipimpin langsung oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, Rabu (8/5).

Pangdam I/BB menyambut baik sikap Gubsu yang akan memprogramkan normalisasi sungai tersebut. Sebagaimana diketahui bersama, Puluhan tahun yang lalu Sungai Deli menjadi bagian kehidupan masyarakat sekitar.  Selain dapat digunakan untuk mandi, cuci juga dimanfaatkan nelayan untuk mencari ikan. Tapi sekarang sangat miris melihatnya, untuk menyentuh airnya kita takut kena gatal-gatal.

Limbah merupakan penyebab dominan kotornya sungai deli tersebut. Ada dua macam limbah yang sekarang mengalir ke Sungai Deli, yakni Sampah rumah tangga masyarakat.

Sungai Deli masih menjadi tempat pembuangan sampah oleh orang-orang yang tidak peduli akan lingkungan. Begitu dengan limbah industri, ternyata masih ada perusahaan yang berada di sepanjang Sungai Deli membuang limbah produksinya secara by pass ke Sungai Deli.

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah menyampaikan, dengan adanya rencana normalisasi Sungai Deli oleh Gubernur Sumut, tentu saja akan membuat masyarakat bangga karena lingkungan sungai senantiasa terjaga dari pendangkalan, sampah yang dapat menyebabkan banjir sehingga lingkungan Sungai Deli yang bersih dapat diwariskan bagi anak cucu kelak.

“Kodam I/BB Siap mendukung kegiatan tersebut seperti yang telah dilaksanakan pada saat pelaksanaan pembersihan sungai bedera beberapa waktu yang lalu. Harapan kita, kegiatan ini harus segera dilaksanakan. Jangan sempat benteng jebol pemerintah baru sibuk. Agar masyarakat tidak dihantui rasa kekhwatiran banjir bila terjadi hujan dan banjir kiriman dari gunung,” jelas Mayjen TNI MS Fadhilah.

Turut hadir pada acara tersebut, Wagubsu, Aster Kasdam I/BB, Dandim 0201/BS, Wakil Walikota Medan, dan para Kepala Dinas Provinsi Sumut. (ARMAN R)

Berita Terkait