Rabu, 22 Mei 2019 | 00:12:33 WIB

Besok, Presiden Jokowi Lantik Gubernur dan Wagub Terpilih Maluku Utara

Kamis, 9 Mei 2019 | 14:03 WIB
Besok, Presiden Jokowi Lantik Gubernur dan Wagub Terpilih Maluku Utara

Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara terpilih, Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali saat tiba di Ternate, usai menerima mandat partai dalam pertarungan Gubernur dan Wakil Gubernur Malut tahun 2018. (FOTO: ANTARA/LINDO)

TERNATE, LINDO - Gubernur dan wakil gubernur terpilih provinsi Maluku Utara (Malut), Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali dijadwalkan akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (10/05/2019) di Istana Negara Jakarta.

Kepastian pelantikan gubernur petahana dan wakilnya ini setelah pihak protokoler Pemprov Maluku Utara melakukan rapat koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri, Selasa (7/5/2019) kemarin.

“Hasil rakor di Istana kemarin, informasi terakhir pelantikan akan dilaksanakan Jumat (10/05/2019). Pelantikan dijadwalkan pukul 14.00 WIB, langsung presiden,” kata Karo Humas Pemprov Malut Muliadi Tutupoho via telepon di Ternate, Rabu (8/5/2019).

Untuk kesiapan sendiri baik gubernur maupun wakil gubernur sejauh ini telah siap termasuk baju pelantikan. Sementara terkait undangan, terdiri atas dua jenis. Yakni undangan untuk para pejabat terutama unsur Forkopimda Maluku Utara, dan undangan untuk pihak keluarga baik gubernur maupun wakil gubernur.

“Tamu undangan terbagi dua yakni pejabat dan keluarga gubernur dan wakil gubernur terpilih. Dari Forkopimda seperti Ketua DPRD dan sebagainya,” ujarnya.

Masa jabatan gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba sendiri berakhir sejak 5 Mei 2019 lalu. Kekosongan itu sementara diisi oleh Pelaksana harian (Plh) gubernur, Bambang Hermawan yang juga menjabat pejabat (pj) Sekda Pemprov Maluku Utara.

Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali saat pilkada diusung oleh PDI-P dan PKPI. Keduanya meraih total suara sebanyak 176.669 berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi.

Sementara rivalnya Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar yang diusung Partai Golkar dan PPP meraih 175.749 suara.

(ALDY/KMP)

 

Berita Terkait