Jumat, 18 Oktober 2019 | 19:02:32 WIB

Usai Dilantik, Presiden Jokowi Berikan Pesan Khusus Pada Gubernur Malut

Jum'at, 10 Mei 2019 | 22:52 WIB
Usai Dilantik, Presiden Jokowi Berikan Pesan Khusus Pada Gubernur Malut

Presiden Joko Widodo (kanan) menyalami Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara terpilih, Abdul Gani Kasuba (kiri) dan Al Yasin (tengah) saat pelantikan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (10/5/2019). Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara masa jabatan 2019-2024. (FOTO: DETIK/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pesan khusus kepada Abdul Gani Kasuba (AGK) setelah dilantik sebagai Gubernur Maluku Utara (Malut).

"Pesan khusus beliau untuk berhati-hati, supaya memperhatikan rakyat yang pertama. Kedua, mengerjakan tugas-tugas yang ada yang di depan, apa-apa yg bisa kita lanjutkan, kita lakukan," kata AGK di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Presiden berpesan agar dirinya jangan menyakiti hati masyarakat, termasuk permudah semua izin-izin dan lain-lain, tiidak boleh dipersulit,

"Jangan disakiti masyarakat, jangan diabaikan, permudah semua termasuk izin-izin dan lain-lain, tiidak boleh dipersulit," sambung AGK.

Sementara untuk proyek KEK Morotai yang sudah diresmikan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, kata AGK, sudah mulai berjalan meski belum semua dilakukan proses pembangunan.

"Sekarang sudah mulai berjalan, proyek-proyek di KEK juga, pariwisata perikanan fasilitasnya juga sudah mulai," paparnya.

Selain itu, proyek pembangunan jalan di lingkar Halmahera akan terus dilanjutkan untuk yang belum tersambung, baik di tingkatan kabupaten maupun kota.

Pelantikan itu berdasarkan Keppres dengan Nomor Nomor 38/P/2019 tentang Pengesahan Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara.

Sebelum dilantik, Abdul Gani dan Yasin Ali mengikuti kirab yang dipimpin langsung Presiden Jokowi, serta diikuti Wakil Presiden Jusuf Kalla serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Kirab ini dilakukan dengan berjalan kaki dari Istana Merdeka menuju Istana Negara dengan jarak sekitar 300 meter.

Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara itu berjalan kaki dengan membawa surat petikan dari Kepala Negara.

Seusai pembacaan Keppres, Jokowi  langsung mengambil sumpah jabatan kepada Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali tersebut di atas Alquran yang dipegang oleh rohaniawan.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhui kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-sebaiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ujar Jokowi Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali di lokasi.

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dibawakan oleh group marching band Paspampres.

Tampak hadir dalam acara pelantikan ini, yaitu Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain itu juga hadir anggota Watimpres Agum Gumelar, Ketua MK Anwar Usman, dan Stafsus Bidang Papua Lenis Kagoya.

Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali saat Pilkada tahun 2018 lalu diusung oleh PDI-P dan PKPI.

Keduanya meraih total suara sebanyak 176.669 berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi.

Sementara rivalnya Ahmad Hidayat Mus dan Rivai Umar yang diusung Partai Golkar dan PPP meraih 175.749 suara.

NENENG/TRIBUN

Berita Terkait