Rabu, 19 Juni 2019 | 12:48:42 WIB

Pasis Dikreg Seskoal Angkatan 57 Laksanakan Kunjungan Ke Dua Kapal Angkatan Laut Australia

Selasa, 21 Mei 2019 | 05:34 WIB
Pasis Dikreg Seskoal Angkatan 57 Laksanakan Kunjungan Ke Dua Kapal Angkatan Laut Australia

(FOTO : BAGPENSESKOAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Perwira Mahasiswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-57 TA 2019, berkesempatan melaksanakan kunjungan ke dua kapal perang Angkatan Laut Australia, yaitu HMAS Canberra L02 dan HMAS Newcastle (FFG 06) yang sedang bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (20/5).

Dalam kunjungan tersebut, rombongan para Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal Angkatan ke-57 yang dipimpin Wakil Komandan Korps siswa (Wadan Korsis) Seskoal Letkol Laut (P) Niko Oktoria, S.Tr. Hanla diberikan kesempatan melaksanakan kunjungan di berbagai sarana dan prasarana yang ada di kedua Kapal perang Angkatan Laut Australia yang memiliki tujuan akhir dari misi Angkatan Laut Australia dalam kegiatan “Indo-Pasific Endeavour 2019” guna memperdalam kerjasama Australia dengan pasukan keamanan kawasan termasuk Indonesia.

Kapal perang HMAS Canberra L02 dengan Komandan Kapal Captain Asley Papp, merupakan kapal perang jenis landing Helicopter Dock yang berpangkalan di Fleet Base East, dengan dimensi panjang 230,82 meter, lebar 32,0 meter, draft 7,08 meter dan bobot 27,500 ton , dengan kecepatan maksimal 20 knots, dengan 358 personel serta memiliki daya jelajah 9,000 NM dan memiliki persenjataan canggih.

Sedangkan Kapal Perang HMAS Newcastle (FFG 06) yang dikomandani Commander Anita Sellick CSM, merupakan jenis kapal perang class quided missile frigate dengan dimensi panjang 138,1 meter, lebar 13,7 meter, draft 4,5 meter dan bobot 4,100 ton yang memiliki kecepatan maksimal 29 knots serta awak kapal 184, serta kapal yang dipersenjataain modern dan juga canggih.

Selama kunjungan ini berlangsung, para Pasia Dikreg Seskoal, selain bisa melihat secara dekat juga diberikan kesempatan untuk melihat lebih dekat berbagai persenjataan yang ada di kapal perang milik Angkatan Laut Australia. Para Pasis selama berkunjung juga saling berkomunikasi, saling bertukar cerita dan pengalaman selama menjalankan tugas dengan para prajurit Angkatan Laut Australia. Dengan kegiatan kunjungan ini, diharapkan para Pasis dapat lebih mengenal dan bertukar pendapat guna mendukung latihan-latihan maupun tugas-tugas yang akan datang. (ARMAN R)

Berita Terkait