Minggu, 21 Juli 2019 | 09:53:03 WIB

Munas XI FASI, Kasau Minta Olahraga Dirgantara Tidak Eksklusif

Jum'at, 21 Juni 2019 | 20:23 WIB
Munas XI FASI, Kasau Minta Olahraga Dirgantara Tidak Eksklusif

(FOTO : DISPENAU/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) selaku Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Federasi Aero Sports Indonesia (PB FASI) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., minta agar Olahraga Dirgantara (ordirga) dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.  Oleh karena itu, Kasau berharap agar semua Ordirga yang berada di bawah pembinaan FASI tidak bersifat eksklusif.

“FASI perlu melakukan perencanaan matang sekaligus upaya-upaya konkret melaksanakan sosialisasi dan turnamen-turnamen secara bertahap, berlanjut, dan berkesinambungan, sehingga semua lapisan masyarakat dapat terlibat,” kata Marsekal TNI Yuyu Sutisna saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) XI FASI tahun 2019, di Klub Eksekutif Persada Purnawira, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (21/6). 

Penyelenggaraan Munas FASI kali ini merupakan perwujudan dari amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) FASI yang menetapkan,  bahwa Munas diselenggarakan  sekali dalam empat tahun.

Kepada para pejabat dan pengurus, Ketum PB FASI menyampaikan apresiasinya atas beberapa prestasi yang telah dicapai selama kepengurusan FASI tahun 2014 hingga sekarang.  

Dalam catatan FASI, keikutsertaan beberapa cabang ordirga dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON)  ke-19 di Bandung tahun 2016 dan Asian Games ke-18 tahun 2018 lalu di Jakarta dan Palembang, menjadi bukti FASI mampu bersaing secara positif dan sportif  dengan cabang olahraga lain di bawah naungan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia).

Prestasi atlet-atlet FASI yang membanggakan yakni keberhasilannya mengukir sejarah  dalam arena Asian Games tahun 2018 lalu. Pada ajang bergengsi ini, atlet FASI menyumbangkan 2 medali emas, 1 perak dan 3 perunggu serta masuk dalam lima besar tujuh cabang olahraga penyumbang medali bagi kontingen Indonesia.

Munas XI FASI 2019 diikuti oleh ratusan peserta, yang meliputi unsur PB FASI, FASI Daerah (FASIDA), komunitas ordirga dan peninjau dari KONI serta KOI (Komite Olimpiade Indonesia), akan berlangsung selama dua hari hingga Sabtu besok.

Hadir pada pembukaan Munas XI FASI 2019, Koorsahli Kasau Marsda TNI Dr. Umar Sugeng Hariyono, S.IP., S.E.,  M.M., para Asisten Kasau, perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), perwakilan KONI, KOI serta para pejabat Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) lainnya. (ARMAN R)

Berita Terkait