Minggu, 21 Juli 2019 | 09:43:47 WIB

Kasau Apresiasi Keseriusan Pelaksanaan "War Gaming"

Sabtu, 6 Juli 2019 | 20:35 WIB
Kasau Apresiasi Keseriusan Pelaksanaan

(FOTO : DISPENAU/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., meninjau dan memberikan pengarahan kepada para pelaku Latihan Puncak Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Angkasa Yudha 2019, di Gedung Widya Yudha, Kesatrian Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (6/7).

Dalam pengarahannya, Kasau sangat bangga dan mengapresiasi atas keseriusan para pelaku geladi posko Angkasa Yudha 2019 dalam merencanakan sebuah operasi udara gabungan selama 5 hari hingga dapat disaksikan simulasinya dalam sistem peranti lunak War Gaming menggunakan Soyus (Sistem Olah Yudha Seskoau).

"Saya adalah orang yang paling berbahagia hari ini melihat kalian melaksanakan latihan dengan serius dan semangat tinggi. Saya yakin jika kalian latihan seperti ini, TNI AU akan cepat berkembang dan tingkat profesionalisme akan meningkat, baik secara perorangan maupun satuan," ucap Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Menurutnya, dengan latihan War Gaming ini, banyak analisa, ide-ide baru, dan pembelajaran yang bisa kita ambil serta memberikan gambaran betapa pentingnya sebuah perencanaan, taktik dan strategi perang udara bagi TNI AU dimasa yang akan datang maupun rencana strategis pembangunan kekuatan TNI AU ke depan.

"Saya akan kembangkan latihan ini di masa mendatang untuk mencapai hasil yang mendekati sempurna, sehingga hasil latihan yang diperoleh dapat lebih detail, tajam, dan mudah dievaluasi," terang Kasau.

Latihan War Gaming menggunakan Soyus pada geladi posko Angkasa Yudha 2019, merupakan tampilan simulasi strategi yang menampilkan pertempuran udara dua pihak secara realistis tanpa melibatkan aktivitas pasukan militer yang sebenarnya di lapangan dan diperankan oleh pihak merah dan biru.

Pada tahapan kedua latihan Angkasa Yudha 2019 akan dilaksanakan Manuver Lapangan (Manlap) pada minggu ketiga Juli 2019 dengan mengerahkan kekuatan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) dan pasukan yang sebenarnya, mengacu pada rencana operasi yang telah dibuat oleh pelaku biru dan merah pada geladi posko ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Irjenau, Koorsahli Kasau, para Asisten Kasau, Danseskoau, Dankoharmatau, Dankorpaskhasau, para Kepala Dinas jajaran Mabesau, dan para pelaku latihan Angkasa Yudha 2019.  (ARMAN R)

Berita Terkait