Minggu, 21 Juli 2019 | 09:42:44 WIB

JCH Tidore Tetap Bersemangat Meski harus Berangkat Dini hari

Rabu, 10 Juli 2019 | 20:05 WIB
JCH Tidore Tetap Bersemangat Meski harus Berangkat Dini hari

Keberangkatan JCH Maluku Utara kloter 7 dari Bandara Sultan Babullah Ternate menuju Maksassar, Sabtu (21/7/2018). (FOTO: ANTARA/LINDO)

TERNATE, LINDO - Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara (Malut), termasuk mereka yang sudah lanjut usia, terlihat tetap bersemangat meski diberangkatkan dari Tidore ke Ternate pada Rabu dini hari atau tepatnya pukul 01.00 WIT.

"Saya tidak melihat ada JCH yang menunjukkan wajah kesusahan atau mengeluh diberangkatkan pada dini hari," kata salah seorang anggota keluarga JCH yang ikut mengantar sampai Pelabuhan Rum Tidore, Ibrahin, di Ternate, Rabu (10/07/2019).

JCH Tidore Kepulauan yang diberangkatkan ke Ternate pada Rabu dini hari itu, ada yang berangkat dari Kantor Wali Kota Tidore Kepulauan di Soa-Sio, ada pula yang menunggu di Pelabuhan Rum, dan kemudian diberangkatkan bersama-sama menggunakan transportasi laut ke Ternate.

Menurut Ibrahim, banyak keluarga JCH dari Tidore Kepulauan yang memaksakan diri ikut mengantar ke Ternate menggunakan transportasi lain, walaupun mereka mengetahui bahwa setelah berada di Ternate, JCH tidak diperkenankan lagi bertemu langsung dengan keluarga.

Para keluarga JCH itu akan berdiri di jalan yang di lewati mobil JCH Tidore Kepulauan dari embarkasi haji transit Ngade Ternate ke Bandara Sultan Babullah untuk diberangkatkan ke embarkasi di Makassar, walaupun mereka hanya bisa melambaikan tangan.

Pada kesempatan sebelumnya, Kabag Humas Pemkot Tidore Kepulauan Asis Hadad menjelaskan JCH Tidore Kepulauan diberangkatkan dari Tidore ke Ternate pada Rabu dini hari karena mereka akan diterbangkan ke emberkasi haji di Makassar pada Rabu, pukul 07.00 WIT bersama dengan JCH dari daerah lainnya di Malut yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 7.

JCH dari Tidore Kepulauan tidak diberangkatkan lebih awal ke Ternate dan menginap di tempat itu, seperti yang dilakukan JCH dari kabupaten/kota lainnya di Malut, karena jarak Tidore dengan Ternate relatif dekat, yakni hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit menggunakan transportasi perahu cepat.

Ia menambahkan kuota JCH Tidore Kepulauan pada musim haji 2019 tercatat 140 orang, namun yang diberangkatkan hanya 139 orang, karena satu lainnya batal berangkat akibat sakit, namun penggantinya belum diketahui apakah dari Tidore Kepulauan atau kabupaten/kota lainnya.

JCH Tidore Kepulauan, termasuk dari sembilan kabupaten/kota lainnya di Malut yang seluruhnya berjumlah 1.321 orang dilepas Pemprov Malut di Dhuafa Center Ternate pada Selasa (9/7). Mereka diberangkatkan ke embarkasi haji di Makassar pada 10-12 Juli 2019 menggunakan penerbangan Lion Air.

ANTARA/FAISAL

Berita Terkait