Minggu, 21 Juli 2019 | 09:41:52 WIB

Prajurit Lantamal XII Pontianak Terima Sosialisasi P4GN TA 2019 Dari BNN Dan Tim Diskumal Mabesal

Rabu, 10 Juli 2019 | 21:27 WIB
Prajurit Lantamal XII Pontianak Terima Sosialisasi P4GN TA 2019 Dari BNN Dan Tim Diskumal Mabesal

(FOTO : DISPENLANTAMALXII/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII (Danlantamal XII) Pontianak Laksma TNI Greg. Agung W.D., M.Tr (Han) yang diwakili Asisten Operasi Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Asops Danlantamal) XII Pontianak Kolonel Laut (P) Herianto T. Angi, S.E, menerima kunjungan Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Tahun Anggaran (TA) 2019 dari Badan Nasional Narkotika (BNN) dan tim Diskumal Mabesal, di Lobi Mako Lantamal XII, Jalan Kom. Yos Sudarso No. 1 Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu (10/7).

Tim Sosialisasi dari Diskumal Mabesal yang dipimpin Ketua Tim Sosialisasi Kasubdis Banhatkum Diskumal Kolonel Laut (KH) Ismu Edy, S.H. bersama dengan Letkol Laut (KH/W) Roslin Panjaitan, S.H sebagai narasumber, melaksanakan paparan tentang Keputusan Kasal terkait dengan sanksi bagi personel Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) akibat penyalahgunaan narkoba di Lingkungan TNI AL.

Sedangkan sebagai narasumber dari BNN Propinsi Kalbar, yaitu dari Kabag Umum BNN Propinsi Kalbar Pembina TK.I/IV B Drs Mashadi Eka Surya Agus, M.A.P., melaksanakan paparan tentang Indonesia Sebagai Darurat Narkoba, Pola Perdagangan dan Peredaran Narkotika di Indonesia khususnya di wilayah Kalbar, Jenis-jenis Narkoba dan akibatnya, serta upaya yang sedang dilakukan oleh BNN Propinsi Kalbar dalam mengatasi Indonesia sebagai Darurat Narkoba, di Gedung Malahayati Lantamal XII Pontianak dihadiri oleh seluruh Perwira, anggota Lantamal XII Pontianak dan Ibu-ibu Jalasenastri Korcab XII Pontianak.

Dalam sambutannya Danlantamal XII Pontianak yang dibacakan oleh Asops Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Herianto T. Angi, S.E.  menyampaikan, kesempatan ini merupakan moment yang sangat tepat atas kehadiran narasumber dari Tim Diskumal dan BNN Provinsi Kalbar untuk menyampaikan sosialisasi ini, hal ini merupakan pencerahan bagi kita dalam memahami pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba dan berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan gambaran kepada kita semua dampak dari penyalahgunaan narkotika serta dapat memberantas peredaran narkotika, mari kita perangi narkotika “Katakan Tidak Dengan Narkotika”.

Sementara itu sambutan Kadiskumal Laksma TNI Kresno Buntoro, S.H., LLM., Ph.D., yang dibacakan oleh Kasubdis Banhatkum Diskumal Kolonel Laut (KH) Ismu Edy, S.H. menyampaikan, kejahatan narkoba merupakan kejahatan lintas Negara (Transnational Crime). Kejahatan terorganisir (Organized Crime), dan kejahatan serius (Serious Crime) yang menimpa segenap lapisan masyarakat. Menimbulkan kerugian yang sangat besar terutama dari segi kesehatan, sosial, ekonomi, dan keamanan. Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba saat ini tidak lagi pada tingkat yang mengkuatirkan melainkan sudah pada titik yang berbahaya dan sudah merambah ke seluruh lapisan masyarakat.

“Penyalahgunaan narkoba dapat menyerang siapa saja termasuk prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI). Oleh karena itu TNI, Khususnya TNI AL (Angkatan Laut) harus melakukan upaya pencegahan untuk melindungi prajurit dan keluarganya dari bahaya narkoba dengan memahami dampak penyalahgunaan narkoba, diharapkan personel TNI AL selain tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba juga bahu membahu menyelamatkan masyarakat Indonesia dari narkoba,” terang Kadiskumal.

Pada acara Sosialisasi P4GN, juga diserahkan Cinderamata dari TNI AL, dalam hal ini dari Kadiskumal diwakili oleh Kasubdis Banhatkum Diskumal Kolonel Laut (KH) Ismu Edy, S.H. kepada BNN Propinsi Kalbar Pembina TK.I/IV B Drs Mashadi Eka Surya Agus, M.A.P.

Turut hadir pada kegiatan sosialisasi P4GN tersebut, antara lain para Asisten Danlantamal, Dansatrol, Danyonmarhanlan, Para Kasatker/Kasubdis, Para Komandan KRI/KAL, prajurit Lantamal XII Pontianak, prajurit Satrol Lantamal XII, Prajurit Yonmarhanlan XII, Ibu Jalasenastri Korcab XII Pontianak dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lantamal XII Pontianak. (ARMAN R)

 

Berita Terkait