Minggu, 21 Juli 2019 | 09:43:55 WIB

13 Desa Diloloda Terima Bantuan LTSHE dari Kemen ESDM

Rabu, 10 Juli 2019 | 23:07 WIB
13 Desa Diloloda Terima Bantuan LTSHE dari Kemen ESDM

Ilustrasi - Sebanyak 111 warga desa Embong Ijuk Kecamatan Bermani Ilir menerima bantuan pemasangan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dari Kementerian ESDM Republik Indonesia. (FOTO: KEMENTERIAN ESDM/LINDO)

HALBAR, LINDO - Sebanyak 13 Desa di Kecamatan Loloda, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara, menerima bantuan Listrik Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dari Kementerian ESDM yang merupakan hasil dari usulan dari pemerintah daerah.

Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan, Transmigrasi dan ESDM Justinus Rehailwarin mengakui, kedatangan tim dari kementerian ESDM pada Rabu (10/7/2019) kemarin, dalam rangka melakukan pembahasan bersama pemerintah daerah dan verifikasi lapangan di desa-desa penerima bantuan.

"Bantuan yang dibahas bersama tim dari kemen ESDM, yaitu Listrik Tenaga Surya Hemat Energi, yang bakal disalukan pada 13 desa dikecamatan Loloda, usai verifikasi lapangan oleh kementerian dilanjutkan tanggal 17 Jjuli, imaterialnya sudah tiba di Ternate tinggal di proses," katanya.

Lebih lanjut Justinus mengungkapkan bantuan ini untuk mempermudah masyarakat yang saat ini masih belum menikmati listrik, khususnya daerah terpencil seperti Loloda, makanya kami fokuskan ke kecamatan Loloda.

Selain itu, kami juga akan menindak lanjuti rencana pembangunan (PLTBm) Pembangkit Linstrik Tenaga Biomasa yang diprogramkan oleh kementerian desa, ditargetkan lokasi proyeknya di tengah Desa Totala dan Desa Tolofuo.

"PLTBm ini menggunakan bahan bakar dari energi baru terbarukan seperti cangkang kelapa dan kayu, sekam padi, tongkol jagung, ampas tebu, serbuk kayu dan limbah pertanian lainnya, jenis sumber energi yang mengalirkan listrik secara kontinyu," paparnya.

Tambah Justinus, tujuan kami untuk meningkatkan pertumbahan ekonomi masyarakat. "Besok kita adakan rapat nanti dibahas secara spesifik untuk tugas masing-masing baik kami maupun kementerian untuk seluruh bantuan ini," tandasnya.

ANT

Berita Terkait