Minggu, 21 Juli 2019 | 09:40:09 WIB

Danjen Akademi TNI Dan Kalemdiklatpol Beri Pengarahan Kepada Taruna TNI - Polri

Kamis, 11 Juli 2019 | 14:54 WIB
Danjen Akademi TNI Dan Kalemdiklatpol Beri Pengarahan Kepada Taruna TNI - Polri

Danjen Akademi TNI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos, MM (paling kiri) bersama Kalemdiklatpol Komjen Pol Drs. Arief Sulistyanto Msi (paling kanan) berdialog dengan Taruna TNI dan Polri. (FOTO : ARMAN/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Jenderal (Danjen) Akademi Tentara Nasional Indonesia (TNI) Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos, MM bersama Kalemdiklatpol Komjen Pol Drs. Arief Sulistyanto Msi, memberikan pengarahan kepada 781 Taruna Akademi TNI dan Polri yang akan dilantik pada 16 Juli 2019 sebagai Perwira Remaja (Paja) dengan Pangkat Letnan Dua (Letda) oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo. Pengarahan tersebut disampaikan Danjen Akademi TNI dan Kalemdiklatpol di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (11/7).

Dari 781 Taruna dan Taruni tersebut, terdiri dari Akademi Militer (Akmil) sebanyak 259 Taruna dengan Taruninya ada 15 orang. Kemudian dari Akademi Angkatan Laut (AAL) ada 117 Taruna dengan 14 Taruninya, Akademi Angkatan Udara (AAU) ada 99 Taruna dengan Taruninya 9 orang dan dari Akademi Kepolisian (Akpol) ada 306 Taruna dan Taruninya ada 50 orang. 

"Mereka (Taruna TNI/Polri) adalah calon-calon pemimpin TNI dan Polri di masa yang akan datang. Untuk peraih Adhi Makayasa atau yang terbaik ini, tidak semuanya merupakan putra atau putri dari dari orangtuanya di TNI maupun Polri, bahkan ada dari putra dari seorang petani dan juga ada dari seorang guru.  Jadi ini menggambarkan bahwa mereka - mereka ini majemuk," kata Laksdya TNI Aan Kurnia.

Dalam pengarahan tersebut, baik Danjen Akademi TNI dan Kalemdiklatpol memberikan motivasi dan semangat kepada Taruna TNI dan Polri dalam melangkah ke tingkat selanjutnya sebagai Perwira.

Seperti Danjen Akademi TNI Laksdya TNI Aan Kurnia yang menyampaikan, telah 4 tahun para Taruna - Taruni TNI/Polri melewati masa - masa senang, suka, duka di Akadekmi TNI dan Akpol (Akademi Polisi).

Ia mengingatkan, para Taruna yang sebentar lagi akan menjadi perwira, akan menghadapi suasana dan tuntutan yang beda. Menjadi Perwira Remaja menurutnya bukan tujuan akhir tetapi sebagai awal karir sebagai perwira

"Saya selaku Danjen Akademi TNI dan Komjen Pol Arief Sulistyanto selaku Kalemdiklatpol mengucapkan selamat atas pencapaian kalian yang telah dihadapi selama 4 tahun ini. Keberhasilan ini telah menunjukkan kapasitas dan kapabilitas kalian bahwa kalian telah layak dan memiliki kemampuan dasar yang cukup untuk masuk ke lingkungan kedinasan, strata perwira di lingkungan Polri dan TNI," ucap Laksdya TNI Aan Kurnia.

Hadir dalam acara tersebut, pimpinan Akademi TNI dari tiga Matra dan jajaran Lemdiklatpol. (ARMAN R)

Berita Terkait