Minggu, 15 Desember 2019 | 01:35:19 WIB

Kadispenal Resmi Buka Kursus Kameramen Dan Editing TNI AL Tahun 2019

Senin, 15 Juli 2019 | 23:38 WIB
Kadispenal Resmi Buka Kursus Kameramen Dan Editing TNI AL Tahun 2019

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma Mohamad Zaenal, S.E., M.M., M.Soc.Sc., resmi membuka kegiatan kursus Kameramen dan Editing Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Tahun 2019, di Gedung B4 Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal), Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (15/7).

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan bagian dari pembinaan personel, sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme personel TNI AL, khususnya di bidang dokumentasi dan publikasi yang merupakan salah satu tugas pokok profesi penerangan.

Dalam sambutannya, Kadispenal mengatakan, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, dunia terasa semakin mengecil, perkembangan berita dan situasi terkini di dunia dapat diakses melalui gadget di genggaman. 

Menurutnya, aspek dokumentasi dan publikasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam memberikan bahan masukan terkait perkembangan politik dan geostrategis, sehingga kegiatan tersebut dapat diketahui secara luas sebagai bentuk pertanggungjawaban atas amanah yang diberikan oleh rakyat Indonesia kepada TNI AL, selain itu juga kegiatan ini  akan menjadi dokumentasi dan arsip sejarah untuk perkembangan TNI AL.

“Seperti perkembangan kegiatan Armada Jaya XXXVII tahun 2019 yang saat ini sedang berlangsung di beberapa wilayah Indonesia yang dapat diikuti dan dipantau secara real time”, jelas Laksma Mohamad Zaenal.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 minggu ini, diikuti 25 personel TNI AL baik Perwira, Bintara, dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari seluruh satuan TNI AL di Indonesia.

Kursus ini melibatkan tenaga pengajar tidak hanya dari TNI AL, melainkan juga tenaga pengajar profesional dari luar yakni Syahdu Film. Adapun materi yang akan diberikan, yakni Dasar-Dasar Kamera dan Video Teknik Pengambilan Gambar, Dasar Jurnalistik, Praktek Pengambilan Gambar, Dasar Editing, Penyelarasan Gambar, Teori Pembuatan Filler, Etika Peliputan, Video Jurnalistik, Perawatan Alat, Praktek Editing, Audio Film, Pengenalan Dasar Drone, Narasi Video, Pengenalan Kamera Bawah Air, Penyelarasan Gambar dan Audio, Tugas Pengambilan Gambar, dan Paparan Perorangan. (ARMAN R)

Berita Terkait