Minggu, 22 September 2019 | 19:52:22 WIB

Melalui MPLS SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo Satukan Senior Dan Yunior

Sabtu, 20 Juli 2019 | 18:26 WIB
Melalui MPLS SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo Satukan Senior Dan Yunior

(FOTO : YHT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kepala Sekolah SMA Hang Tuah 2 Dra Siti Aisyah, M.Pd selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin upacara penutupan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang diikuti 497 Siswa baru SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo Tahun Pelajaran (TP) 2019/2020 yang mengikuti MPLS, di halaman sekolah SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (20/7).

Sebelum pelaksanaan upacara penutupan, seluruh peserta didik baru TP 2019/2020 melaksanakan olah raga pagi bersama guru, karyawan dan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang dipandu oleh guru PJOK.

Dalam pelaksanaan olah raga bersama ini, seluruh guru, karyawan dan OSIS berbaur dengan siswa baru, sehingga menambah kekompakan serta menimbulkan rasa kebersamaan bagi siswa baru. Secara simbolis penutupan MPLS ditandai dengan pemakaian topi sekolah dan jas Almamater SMA Hang Tuah 2 kepada dua perwakilan siswa baru oleh Irup.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo Siti Aisyah menyampaikan, SMA Hang Tuah 2 unggul dalam prestasi Akademis dan non Akademis  yang berdasarkan Iman dan Taqwa, kedisiplinan yang tinggi, berwawasan bahari  dan berbudaya lingkungan.

Orang nomor satu di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo ini, mengharapkan kepada 497 siswa barunya, agar segera menyesuaikan diri, cepat beradaptasi baik kepada lingkungan sekolah, guru dan seniornya, sehingga siswa baru memiliki kesiapan fisik dan mental menyongsong tugas sebagai seorang pelajar. 

“Keberhasilan MPLS, yaitu meningkatnya kualitas pendidikan melalui penguatan jati diri, identitas dan karakter kerja keras dan karakter sosial yang tinggi, sehingga dapat  membangun kecintaan, kebanggaan  terhadap Bangsa dan Negara,” terang Siti Aisyah.

MPLS bagi sekolah naungan Yayasan Hang Tuah (YHT) cabang Surabaya ini, berlangsung selama 6 hari dimulai Senin, 15 Juli hingga  Sabtu, 20 Juli 2019. Seluruh materi disampaikan kepada siswa baru, antara lain meliputi : Bahaya Radikalisme,  Sosial Media (Sosmed) disampaikan oleh Kompol Heri S selaku Kapolsek Gedangan Sidoarjo, Wawasan Kebangsaan (Wasbang) disampaikan oleh Kapten Inf Hedro .S, S.H selaku Komandan Koramil 0816/17 Gedangan, Latihan kedisiplinan dan Baris Berbaris (PBB) oleh anggota TNI AL/ Balur Jatim, Pengetahuan akan Bahaya Narkoba  oleh Eka Januar. W, S.Kom dari Badan Naskotika Nasional (BNN) .

Ketua Panitia MPLS Yanu Indriyati, M.Pd mengatakan,  bapak/ibu guru SMA Hang Tuah 2 (HT-2),  juga membekali siswa baru dengan Wawasan Wiyata Mandala, pendidikan karakter,  Kesadaran kebangsaan dan bernegara, pembinaan mental agama, tata krama siswa, tata cara belajar efektif dan kepramukaan.

Selama berlangsungnya MPLS, seluruh Wakil Kepala Sekolah SMA Hang Tuah 2, Wakil Kepala (Waka) Kurikulum Sri Retno, S.Pd, M.M, Waka Kesiswaan  Heri Prasetyo, S.Pd., M.M, Waka Sarpras Drs Agus Priyanto, M.M dan Waka Humas Drs Heri Muryanto turun ke lapangan, aktif mendampingi siswa barunya.  Tidak ketinggalan  OSIS juga selaku Seniornya, memberikan motivasi agar tetap semangat mengikuti kegiatan MPLS.

Ketua OSIS SMA HT - 2  Regita Febriani yang berada di tengah-tengah yuniornya ini berpendapat, bahwa MPLS kali ini sangat seru, karena seniornya kompak, “Yuniornya sudah baik-baik dan diharapkan akan menjadi generasi yang baik yang bisa membanggakan bagi SMA HT- 2, karakternya  semakin bertambah baik serta dapat meningkatkan prestasinya,” ucapnya. (ARMAN R)

Berita Terkait