Selasa, 15 Oktober 2019 | 16:22:28 WIB

Kepala Desa Mengukuhkan PATBM Desa Waenetat Dan Sosialisasi P2TP2A TA 2019

Sabtu, 3 Agustus 2019 | 20:09 WIB
Kepala Desa Mengukuhkan PATBM Desa Waenetat Dan Sosialisasi P2TP2A TA 2019

(FOTO : AAMPURNAMA/LINDO)

BURU, LINDO - Pemerintahan Desa (Pemdes) Waenetat melaksanakan Pengukuhan Pengurus Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dan Sosialisasi Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Anak (P2TP2A) Tahun Anggaran (TA) 2019, di Balai Desa Waenetat Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku, Sabtu, (3/8).

Pelantikan Pengurus PATBM Desa Waenetat, Kecamatan Waepon berdasarkan Surat Keputusan Kepala Desa  Waenetat Nomor 07 Tahun 2019 Tentang Pembentukan Pengurus PATBM Desa Waenetat, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru TA 2019.

PATBM memiliki tugas sebagaimana surat keputusan Kepala Desa Waenetat M. Jamli Holimombo, SP, tertanda tangan dan terstempel pada 3 Agustus 2019, yaitu :

1. Mendeteksi kelompok anak yang beresiko dan rentan menjadi Korban dan mendeteksi anak-anak korban kekerasan.

2. Tersedia layanan dan membantu agar anak korban segera mendapatkan pertolongan yang mudah aman dan diakses oleh korban keluarga, pelapor lainnya.

3. Membangun jaringan kerja dengan berbagai lembaga layanan yang berkualitas dan mudah dijangkau untuk anak korban maupun pelaku tindak kekerasan.

4. Mensosialisasikan, menerapkan, dan menegakan norma-norma positif tentang arti kekerasan, mengubah norma atau pemahaman yang tidak mendukung anti kekerasan.

5. Membangun sister dukungan dan pengendalian pada tingkat komunitas dan keluarga untuk mewujudkan pengasuhan yang mendukung relasi yang aman untuk  mencegah kekerasan.

6. Meningkatkan keterampilan hidup dan ketahanan diri anak dalam pencegahan kekerasan.

7. Membangun sinergitas dengan lembaga desa, perangkat desa, dan mitra masyarakat lainnya, serta memperkuat struktur perlindungan anak yang telah ada di masyarakat.

Dalam melaksanakan tugasnya, pengurus PATBM Desa Waeneta bertanggung jawab kepada Kepala Desa Waenetat, dan tembusan disampaikan kepada Camat Waeapo, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kabupaten Buru.

Pelantikan PATBM Desa Waenetat dilakukan oleh Kepala Desa Waenetat M. Jamli Holimombo, SP, dan Pengkukuhan PATBM Desa Waenetat oleh Ketua P2TP2A Kabupaten Buru.

Kepala Desa Waenetat M. Jamli Holimombo, SP saat melantik menyampaikan, melalui pelantikan pengurus PTBM  Desa Waenetat, agar dapat menjalankan tugas sebaik mungkin.

"Saya percaya saudara-saudari sekalian akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan, mudah-mudahan tanggung jawab yang telah diberikan dapat dijalankan sebaik mungkin,” harap M. Jamli Holimombo.

Berikut PATBM Desa Waenetat, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru:Pelindung: M. Jamli Holimombo (Kepala Dessert), Sunaryo (Kabitkamtibma) dan Sumarji (Babinsa).

Pengurus : Djamin (Kepala Dusun/Ketua), Turiyatno (Ketua BPD/Wakil Ketua), Suparmanto (Ketua RW/Sekertaris I), dan Sukamto (Ketua  RT/Sekertaris II),

Anggota : Munardi (Ketua lingkungan Desa), M. Aco (Danton Linmas), Wartono (Kepala Sekolah), Chamidun(Tokoh Agama), Suprianto (Tokoh Masyarakat), Eko Nugroho (Tokoh Pemuda), Warsono(Tokoh Away), Rohhani Pical (Ketua Organisasi Waneta), Supriyanti (Anggota Organisasi Waneta), Untung Rudian (Ketua Paguyuban), Hajja Solehati (Ketua Majelis Ta'lim), Romiyatun (anggota Majelis Ta'Lim), Kumminarti (Bidan Desa), Suyanti (Ketua Posyandu), dan Dinda (Mahasiswa).

Setelah kegiatan pelantikan dan pengukuhan PATBM Desa Waenetat, dilanjutkan Sosialisai Pusat Layanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Anak (P2TP2A) tahun 2019 kepada Pengurus PATBM dan masyarakat Desa Waenetat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dinas Pemberdayaan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Bury, Ketua P2TP2A Kabupaten Buru, Kapolres Pulau Buru, Kepala Kejaksaan Negeri Namlea, Camat Weapon, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda, serta masyarakat Desa Waenetat. (AAM PURNAMA)

 

Berita Terkait