Selasa, 20 Agustus 2019 | 19:31:47 WIB

Kohanudnas Rayakan Idul Adha Di Masjid Baitulrahman

Minggu, 11 Agustus 2019 | 15:55 WIB
Kohanudnas Rayakan Idul Adha Di Masjid Baitulrahman

Panglima Kohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus saat menyerahkan sapi kepada ketua panitia Idul Adha Mayor Lek Jadi Pristianto. (FOTO : PENKOHANUDNAS/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) Marsda TNI Imran Baidirus, S.E, beserta pejabat, anggota, Ketua IKKT cabang BS V-Kohanudnas para pengurus, serta masyarakat muslim yang bermukim di sekitar Kohanudnas, melaksanakan Sholat Ied pada Hari Raya Idul Adha 2018, di Masjid Baitulrahman, Kohanudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (11/8).  

Sholat Ied dilaksanakan dalam dua rakaat dengan imam ustdaz Ilyas dan khotib Ustadz Drs. H. Sujono, M.M. Mayor Lek Jadi Pristiwanto selaku Ketua Panitia menyatakan, pada tahun ini Masjid Baitulrahman mengumpulkan 7 ekor sapi dan 20 ekor kambing dari warga sebagai hewan kurban untuk dikemas dalam 1000 kantong.

Tema peringatan Idul Adha pada tahun ini, yaitu “Jadikan hikmah Idul Adha 1440 H/2019 M sebagai momentum peningkatan ketaqwaan dan semangat rela berkorban guna mendukung tugas pokok TNI".

Panglima Kohanudnas (Pangkohanudnas) Marsda TNI Imran Baidirus mengatakan, tema ini mengandung harapan agar prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), Aparatur Sipil Negara (ASN) dan keluarga besarnya dapat mewujudkan semangat berkorban, solidaritas sosial dan kepedulian dalam lingkungannya bersama elemen bangsa lainnya agar tercipta hubungan yang harmonis, kedamaian dan keamanan di manapun kita tinggal dan berada. 

Menurutnya, bercermin dari kehidupan Nabi Ibrahim AS beserta keluarganya yang merelakan anaknya Ismail untuk disembelih. Pengorbanan, ketabahan, keikhlasan dan kemandirian yang diperlihatkan Nabi Ibrahim AS dan keluarganya, dapat menjadi pedoman bagi kita agar setiap tugas yang dibebankan kepada kita semua dapat dilaksanakan dengan optimal. 

"Sebagai prajurit TNI, hendaknya kita mampu menerapkan sikap ini dalam berbagai dimensi penugasan, sehingga tugas apapun yang kita emban dapat kita laksanakan dengan baik,” ucap Marsda TNI Imran Baidirus.

Ustadz Drs. H. Sujono, M.M, selaku khotib menyampaikan, kisah nabi Ibrahim AS beserta keluarganya merupakan suri tauladan bagi kita sebagai umat muslim. Nabi Ibrahim pada saat akan menyembelih anaknya Ismail, tiba-tiba malaikat Jibril AS datang dengan membawa seekor domba yang besar dan sehat, dan malaikat JIbril berkata “Wahai Ibrahim sembelihlah domba ini sebagai ganti anakmu Ismail. Makanlah sebagian dagingnya dan sebagian sedekahkan kepada kaum fakir miskin”. 

Menurutnya, peristiwa ini tentunya memberikan pelajaran penting bagi kita semua. Dalam beberapa waktu terakhir kita mengalami beberapa bencana, baik bencana banjir, gempa dan erupsi gunung berapi. Ini tentunya membuat kita harus intropeksi diri apa yang telah kita lakukan selama ini dan lebih mendekatkan diri lagi kepada Allah SWT. 

Usai sholat id di halaman belakang Masjid Baitulrahman, diadakan penyembelihan hewan kurban yang berjalan dengan lancar.  Seluruh hewan kurban disembelih dan setelah selesai dikemas oleh panitia, dagingnya didistribusikan kepada warga, panti asuhan, serta pihak-pihak yang berhak menerimanya. (ARMAN R)

Berita Terkait