Minggu, 22 September 2019 | 21:55:34 WIB

Menteri Arman Bakal Pecat Staf Kementan Terlibat Suap

Senin, 12 Agustus 2019 | 17:57 WIB
Menteri Arman Bakal Pecat Staf Kementan Terlibat Suap

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman bersama wartawan di Jakarta. (FOTO: MI/LINDO)

MAKASSAR, LINDO - Menteri Pertanian Amran Sulaiman menegaskan bakal memecat stafnya bila terlibat kasus dugaan suap pengurusan izin impor bawang putih yang diusut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia memastikan telah mem-black list 70 importir bermasalah.
 
"Satu kata, pecat! Jika staf dari kementerian, yang terlibat aku pecat," tegas Amran usai menghadiri Seminar Nasional di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, 9 Agustus 2019.
 
Amran memastikan pihaknya tidak terlibat kasus dugaan suap yang sedang diusut KPK. Namun saat ditanya dugaan orang dalam bermain dengan dewan untuk lobi impor bawang putih, Amran kembali menegaskan bakal memecat pihak kementerian yang terlibat tanpa peringatan.

"Ingat ya, kami sudah mem-black list 70 importir yang bermasalah. Ada juga 782 perusahaan yang sedang diproses hukum setelah bekerja sama dengan kepolisian, dan sudah ada 409 yang jadi tersangka," ungkapnya.
 
Dalam operasi senyap ini, sebanyak 11 orang telah ditangkap dan dibawa ke Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan. Mereka terdiri dari unsur orang kepercayaan anggota DPR, swasta pengusaha importir, sopir, dan pihak lain.
 
KPK turut mengamankan bukti transfer sekitar Rp2 miliar. Tim juga menemukan sejumlah mata uang asing pecahan dolar Singapura yang hingga kini masih dalam proses penghitungan dan penelusuran.

MEDCOM

Berita Terkait