Selasa, 20 Agustus 2019 | 19:13:54 WIB

Pemprov DKI Uji Coba Perluasan Ganjil Genap di Ruas Jalan Ibukota

Senin, 12 Agustus 2019 | 18:16 WIB
Pemprov DKI Uji Coba Perluasan Ganjil Genap di Ruas Jalan Ibukota

Ilustrasi - Ruas jalan protokol di Jakarta diterapkan ganjil genap. (FOTO: MI/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memulai uji coba rute baru ganjil genap, Senin, 12 Agustus 2019. Uji coba ini akan mulai dilakukan di 16 ruas jalan di Ibukota.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, perluasan rute ganjil genap ini bertujuan untuk menekan kepadatan kendaraan bermotor yang masuk ke DKI Jakarta. Langkah ini juga dimaksud untuk mengurangi polusi udara di Jakarta.
 
"Saat ini kebijakannya adalah membatasi ganjil genap untuk kendaraan roda empat. Dan ini untuk mengendalikan volume kendaraan bermotor yang ada di jalan. Harapannya nanti mengurangi kepadatan dan juga mengurangi tingkat polusi," ujar Anies.

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah memperluas area ganjil genap. Panjang lintasan mencapai 54,24 kilometer.
 
Skema pertama yakni Jalan Pintu Besar Selatan, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, dan Jalan Majapahit. Kedua, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, dan Jalan Fatmawati (mulai simpang Jalan Ketimun 1 sampai simpang Jalan TB Simatupang).
 
Skema ketiga, Jalan Suryopranoto, Jalan Balikpapan, Jalan Kiai Caringin dan Jalan Tomang Raya. Terakhir, Jalan Pramuka, Jalan Salemba Raya, Jalan Kramat Raya, Jalan Senen Raya, Jalan Gunung Sahari dan segmen persimpangan terdekat sampai pintu masuk jalan tol serta pintu keluar jalan tol sampai persimpangan terdekat.
 
Perluasan tersebut terbagi atas dua tahap. Sosialiasi perluasan ganjil genap akan berlangsung pada 7 Agustus-8 September 2019. Sedangkan uji coba berlangsung pada 12 Agustus-6 September 2019. Perluasan ganjil genap baru resmi diberlakukan pada Senin, 9 September 2019.
 
Sistem ini juga mengalami sedikit pergeseran waktu pada sore hari. Semula diberlakukan pada pukul 16.00 WIB-20.00 WIB, menjadi pukul 16.00 WIB-21.00 WIB. Sedangkan pada pagi hari ganjil genap berlaku tetap pukul 06.00 WIB-10.00 WIB.

MEDCOM

Berita Terkait