Selasa, 20 Agustus 2019 | 19:18:48 WIB

Menang Dramatis, Timnas U-18 Lolos ke Semifinal

Senin, 12 Agustus 2019 | 21:18 WIB
Menang Dramatis, Timnas U-18 Lolos ke Semifinal

Timnas U-18 (Dok PSSI)

HO CHI MINH, LINDO - Timnas Indonesia U-18 berhasil memastikan tiket semifinal Piala AFF 2019, Senin 12 Agustus. Kepastian itu didapat Timnas U-18 usai menang dramatis atas Laos dengan skor 2-1.
 
Laga yang berlangsung di Thong Nhat Stadium berjalan seru. Kedua tim sama-sama menunjukkan permainan terbuka.
 
Laos mendapat peluang di awal babak pertama. Tendangan bebas yang dilesatkan oleh Chony Wenpaseth masih berada di atas gawang kiper Timnas U-18, Ernando Ari.

Timnas U-18 langsung merespons dua menit kemudian. David Maulana memberikan umpan jarak jauh dari tengah ke dalam kotak penalti lawan, namun bola gagal dijangkau oleh Bagus Kaffi.
 
Menit ke-27, winger Timnas U-18 Muhammad Supriadi merangsek di sisi kiri kemudian melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti Laos. Bagus Kaffi berusaha menyambar bola namun kiper Solasak lebih cepat untuk menangkap bola di udara.
 
Pada menit ke-35, Timnas U-18 harus kehilangan Supriadi. Ia harus ditarik keluar karena mengalami cedera dan posisinya digantikan oleh Fajar Fatur Rachman.
 
Jelang menit-menit akhir babak pertama Timnas U-18 terus berupaya membongkar pertahanan rapat Laos. Namun, hingga babak pertama usai, skor kaca mata alias 0-0 tidak berubah.
 
Usai jeda, Timnas U-18 langsung menggebrak pertahanan Laos. Bagus Kaffi mencoba melepaskan tembakan keras, namun bola masih melambung di atas mistar.
 
Kali ini giliran Laos yang mendapatkan peluang lima menit kemudian. Chony Wnepaserth menghindari kawalan Bagus kemudian melepaskan tembakan keras, namun beruntung Ernando masih bisa menepis bola.
 
Pada menit ke-64 Timnas U-18 nyaris membuka keunggulan atas Loas. Namun sayang, Bagus Kaffi yang sudah berhadapan dengan kiper gagal memaksimalkan peluang menjadi gol.
 
Terlalu asik menyerang gawang Timnas U-18 harus kebobolan pada menit ke-69. Laos berhasil membobol gawang Ernando Ari lewat sepakan keras Alaunnay.
 
Keunggulan Laos tidak bertahan lama. Dua menit kemudian Timnas U-18 berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Bagus Kaffi dari jarak dekat melepaskan tembakan ke arah pojok kiri bawah yang tak bisa diantisipasi oleh kiper Laos, Solasak.

Laga kedua tim sempat berlangsung panas di sisa 5 menit terakhir. Para pemain Laos kerap memancing emosi para penggawa Timnas U-18, dengan berpura-pura cedera. Kericuhan antar pemain pun kerap terjadi.
 
Laos tampak mencoba mempertahankan hasil imbang demi menjaga peluang lolos. Di lain kubu, Indonesia terus berupaya membongkar pertahanan Laos demi memastikan tiket semifinal.
 
Terus menekan, upaya para penggawa Timnas U-18 akhirnya berbuah hasil di masa injury time (90+1'). Sebuah umpan silang mendatar yang dilepaskan Bagas Kaffa salah diantisipasi bek Laos sehingga terciptalah gol bunuh diri.
 
Timnas U-18 pun berbalik unggul 2-1 di sisa sekitar 4 menit perpanjangan waktu. Di momen ini, gantian para pemain Indonesia yang memainkan emosi para pemain Laos dengan aksi pura-pura cedera.
 
Sempat terjadi kericuhan antar pemain saat wasit meniup peluit panjang di mana Indonesia berhasil menang dengan skor 2-1. Beruntung, kericuhan tersebut berhasil diredam.
 
Dengan kemenangan 2-1, Timnas U-18 dipastikan lolos ke semifinal dengan raihan poin sempurna (9) dari tiga laga. Keunggulan enam angka atas Laos di tempat ketiga, dengan sisa satu pertandingan jelas tidak mungkin lagi bisa mereka.
 
Kini, Timnas U-18 tinggal melakoni duel melawan Myanmar di laga pamungkas Grup A untuk memperebutkan status juara grup. Myanmar saat ini memiliki poin sama dengan Timnas U-18, yakni 9 poin, namun kalah dalam urusan produktivitas gol.
 
Susunan Pemain:
 
Indonesia: Ernando Ari, Salman Alfarid, Alfreanda Dewangga, Riski Ridho, Bagas Kaffa, Brylian Aldama, David Maulana, Braif Fatari, Bagus Kaffi, Sutan Zico, M. Supriadi.
 
Laos: Solasak Thilavong, Khamsanga Phimmansone, Anoulack Vannalath, Saleunxay Phommavong, Channichone Chanthavong, Thanouthong Kietnalonglop, Bounmy Pinkeo, Phouvieng Phounsavath, Alounnay Lounlasy, Akkhom Thoranin, Chony Wenpaseth.

MEDCOM

Berita Terkait