Minggu, 15 Desember 2019 | 01:48:32 WIB

Sektor Pertanian Bisa Jadi Alternatif Kurangi Kemiskinan

Rabu, 14 Agustus 2019 | 07:15 WIB
Sektor Pertanian Bisa Jadi Alternatif Kurangi Kemiskinan

Sektor pertanian. (FOTO: MI/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kemiskinan masih menjadi pekerjaan rumah (PR) pemerintah yang harus diselesaikan. Bank Dunia sempat mengatakan ada tiga strategi yang bisa diterapkan yakni melalui pertumbuhan ekonomi, hingga peningkatan investasi.
 
Adapun dalam mengentaskan kemiskinan bisa didorong melalui sektor pertanian. Pengamat ekonomi dari Universitas Brawijaya Adi Susilo mengatakan melalui strategi pembangunan pertanian yang tepat sasaran, akan lahir kesempatan kerja yang dapat dirasakan seluruh masyarakat pedesaan.
 
"Di situlah pertanian menjadi kunci vital dari pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. Membangun desa dan petani untuk menyasar ekspor akan membuat negara Indonesia kuat," ujar Adi, dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 13 Agustus 2019.

Adi menuturkan pembangunan pertanian yang menyasar peningkatan ekspor harus berdasarkan keunggulan produktivitas petani.
 
"Jadi akan ada penambahan pendapatan petani. Efeknya berkurang kemiskinan di pedesaan sebab adanya partisipasi petani," ucap Adi.
 
Nilai ekspor produk pertanian Indonesia selama empat setengah tahun terakhir terpantau meningkat.Selama periode 2014-2018, jumlah seluruh nilai ekspor produk pertanian Indonesia berhasil mencapai Rp1.957,5 triliun dengan akumulasi tambahan Rp352,58 triliun.

MEDCOM

Berita Terkait