Selasa, 17 September 2019 | 14:15:24 WIB

Bekasi Dapat Tawaran Jadi Bagian DKI Jakarta

Jum'at, 16 Agustus 2019 | 23:31 WIB
Bekasi Dapat Tawaran Jadi Bagian DKI Jakarta

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. (FOTO: ANT/LINDO)

BEKASI, LINDO - Pemerintah Kota Bekasi diajak untuk menjadi bagian Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan menjadi Jakarta Tenggara. Hal itu diungkapkan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyusul wacana Bupati Bogor, Ade Yasin dan Wali Kota Bogor, Arya Bima yang mewacanakan pembentukan Provinsi Bogor Raya.
 
Rahmat mengaku tidak mengingat dari mana usulan tersebut. "Ada yang gagas siapa itu ya, jadi Jakarta Tenggara gitu, masih samar-sama juga saya dengarnya," kata dia di Bekasi, Jumat 16 Agustus 2019.
 
Dia mengatakan, secara kultur budaya, Kota Bekasi identik sama dengan DKI Jakarta ketimbang Pemprov Jawa Barat.

"Kan Pak Wali Kota Bogor menggagas Bogor Raya, kan pasti wilayahnya Bogor, Depok, Bekasi, Karawang atau Cianjur. Pada intinya kalau untuk mempercepat proses kesejahteraan, pembangunan, sah-sah saja. Cuma mungkin Kota Bekasi lebih identik dengan Jakarta. Karena secara kultur, secara budaya dan mungkin kalau percepatan pembangunan DKI kan besar," paparnya.
 
Walaupun lebih identik secara budaya, namun banyak yang harus dipertimbangkan. Salah satunya faktor politik.
 
"Hanya pada persoalan politiknya, persoalan DPRD nya, persoalan kepala daerahnya pasti kan merubah undang-undang tentang pembentukan Kota Bekasi," ujarnya.

MEDCOM

Berita Terkait