Senin, 23 September 2019 | 21:07:10 WIB

Warga Pontianak Bentangkan Bendera Merah Putih di Sungai Kapuas

Sabtu, 17 Agustus 2019 | 18:32 WIB
Warga Pontianak Bentangkan Bendera Merah Putih di Sungai Kapuas

Pembentangan merah putih sepanjang 520 meter ini merupakan simbol pemersatu dalam keberagaman suku, adat, ras dan agama yang ada di Indonesia, khususnya Kabupaten Kotim. (FOTO: BORNEW/LINDO)

PONTIANAK, LINDO - Ribuan warga Kota Pontianak, Kalimantan Barat, melakukan upacara dan mengibarkan bendera merah putih dalam memperingati HUT ke-74 RI di atas Sungai Kapuas. Upacara di sungai terpanjang di Indonesia tersebut baru pertama kali digelar.
 
"Alhamdulillah upacara pengibaran bendera merah putih di atas Sungai Kapuas tahun ini berjalan dengan sukses dan lancar," kata Ketua Panitia Penyelenggaran Pengibaran Bendera Merah Putih Azrul, Sabtu, 17 Agustus 2019.
 
Ia menjelaskan, upacara kemerdekaan itu diikuti oleh sebanyak 90 komunitas dan masyarakat sekitar Sungai Kapuas Pontianak.

"Upacara ini kami gelar, karena Sungai Kapuas penuh dengan sejarah, dan mudah-mudahan terus menimbulkan semangat kecintaan masyarakat terhadap NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)," ujar dia.
 
Selain upacara dan pengibaran bendera merah putih di atas Sungai Kapuas Pontianak, para komunitas dari berbagai relawan tersebut juga membentangkan bendera merah putih berukuran raksasa di Jembatan Kapuas I sebagai simbol kemerdekaan.
 
Dalam kesempatan itu, Azrul menambahkan, digelarnya upacara pengibaran bendera merah putih di atas Sungai Kapuas, karena pihaknya juga ingin mengangkat kearifan lokal, salah satunya Sungai Kapuas tersebut.
 
Dari pantauan di lapangan, meskipun kabut asap cukup tebal, masyarakat yang mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih tersebut tampak sangat antusias.

MEDCOM

Berita Terkait